Mengenal Montesquieu, Filsuf yang Mengembangkan Konsep Trias Politica

Annisa Fianni Sisma
22 Desember 2022, 20:57
Montesquieu
britannica.com
Ilustrasi, Montesquieu.

Montesquieu merupakan sosok yang terkenal dengan berbagai teorinya. Namanya kerap muncul berkaitan dengan pengembangan konsep politik Trias Politica, melalui bukunya yang berjudul “L'Esprit des Lois". Berkaitan dengan itu, tentu menarik membahas siapa Montesquieu.

Montesquieu merupakan ahli filsafat politik asal Prancis yang lahir pada 18 Januari 1689 di Bordeaux, Prancis. Ia meninggal dunia pada 10 Februari 1755 di Paris saat berusia 66 tahun.

Sebagai informasi, Trias Politica adalah suatu sistem kekuasaan pemerintahan negara yang dibagi menjadi Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif. Tiga sistem kekuasaan ini berperan penting untuk menjalankan pemerintahan.

Masa Kecil dan Pendidikan Montesquieu

Montesquieu memiliki nama lengkap Charles-Louis de Secondat, baron de La Brède et de Montesquieu. Ia mulai dilirik karena pengaruhnya melalui buku "L'Esprit des Lois" atau The Spirit of Laws yang berkontribusi bagi bidang politik.

Keluarga Montesquieu merupakan keluarga yang cukup berada. Ayahnya bernama Jacques de Secondat adalah seorang anggota keluarga militer tua yang dimuliakan pada abad ke-16 untuk melayani kerajaan. Ibunya bernama Marie-Francoise de Pesnel yang merupakan seorang wanita agamis keturunan Inggris.

Ibu Montesquieu berpengaruh dalam kesejahteraan keluarga dalam kekayaan properti penghadsil anggur di La Brede. Ketika sang ibu meninggal, Baroni La Brede diberikan kepada Montesquieu yang saat itu berusia 7 (tujuh) tahun dan merupakan anak sulung.

Pada 1715, Montesquieu menikah dengan Jeanne de Lartigue. Jeanne adalah seorang Protestan yang kaya raya dan memberi Montesquieu mahar sebesar 100.000 livre. Keduanya dikaruniai tiga orang anak.

Perjalanan Karir dan Karya Montesquieu

Montesquieu bersekolah pada tahun 1700 di College de Juilly di dekat Paris dan di Keuskupan Meaux. Sekolah itu dilindungi oleh keluarga terkemuka Bordeaux dan para imam Oratorium. Sekolah itu pun memberi pendidikan yang sangat baik secara modern dan terkemuka.

Selanjutnya, Montesquieu meninggalkan Juilly pada 1705 dan melanjutkan studi di Fakultas Hukum University of Bordeaux. Kemudian setelah lulus, ia memutuskan menjadi Advokat pada 1708. Beberapa saat kemudian, Montesquieu pindah ke Paris untuk praktek Hukum. Saat ayahnya meninggal pada 1713, ia kembali ke Bordeaux.

Kemudian pada usia 27 tahun, Montesquieu tengah menetap dan menjalankan fungsi yudisialnya. Ia mempelajari Hukum Romawi untuk mengelola propertinya dan mengetahui sains terutama geologi, fisika, dan biologi yang dipelajarinya di Akademi Bordeaux.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...