Negara Liga Arab Kaya Minyak Mau Gabung BRICS, Lawan Dominasi Amerika

Muhamad Fajar Riyandanu
3 Mei 2023, 21:50
Negara Arab ingin gabung BRICS
ANTARA FOTO/REUTERS/Ueslei Marceli
Presiden Brazil Jair Bolsonaro, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping, berpose untuk foto bersama saat mereka tiba untuk KTT BRICS di Brasilia, Brazil, Kamis (14/11/2019).

Sejumlah negara yang tergabung dalam Liga Arab seperti Aljazair, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Mesir, Bahrain, dan Iran mengajukan diri untuk bergabung dengan BRICS. Lembaga tersebut merupakan organisasi negara berkembang yang beranggotakan Brazil, Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan.

Duta Besar Afrika Selatan untuk BRICS, Anil Sooklal, mengatakan secara total ada 19 negara yang minta bergabung dengan aliansi BRICS. Permintaan itu muncul seiring dengan dengan prediksi atas capaian BRICS yang dinilai bisa melampaui dominasi negara G7 pimpinan Amerika Serikat. 

Berdasarkan catatan Bloomberg  gabungan kekuatan negara berkembang itu akan segera mengalahkan negara terkaya di dunia saat ini. Arab Saudi, UEA, Aljazair, Mesir, Bahrain, dan Iran telah secara resmi meminta untuk bergabung dengan kelompok negara BRICS saat aliansi tersebut bersiap untuk mengadakan pertemuan puncak tahunannya di Afrika Selatan. 

BRICS akan mengadakan pertemuan puncak tahunan di Cape Town pada pekan pertama bulan Juni. Jajaran menteri luar negeri dari kelima negara anggota telah mengkonfirmasi kehadiran mereka.

"Tiga belas negara telah secara resmi meminta untuk bergabung, dan enam negara lainnya telah meminta secara informal,” kata Anil, dikutip dari Bloomberg pada Rabu (3/5).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...