Harga Emas Dunia Melesat ke US$ 2.000/Ons Imbas Melemahnya Dolar AS

Agustiyanti
1 Agustus 2023, 07:05
harga emas, emas, dolar
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc.
Ilustrasi. Harga emas melesat akibat dolar AS yang melemah.

Harga emas berjangka menguat pada akhir perdagangan Senin (31/7) waktu Amerika Serikat atau Selasa (1/8) pagi waktu Indonesia. Harga emas berakhir di atas level psikologisnya sebesar US$ 2.000 per ons, tertinggi sejak Mei dan merupakan rekor kenaikan terbesar dalam empat bulan terakhir. 

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember di Divisi Comex New York Exchange ditutup naik US$ 9,30  atau 0,5%  menjadi US$ 2.009,20 per ons. Harganya bahkan sempat menyentuh tertinggi pada sesi perdagangan di level US$ 2.010,90, naik 2,1% sepanjang Juli dan kenaikan bulanan tertinggi sejak Maret.

Dolar AS yang lebih lemah membantu meningkatkan harga emas pada Senin (31/7), karena para pedagang bertaruh bahwa pelonggaran inflasi di AS dapat menahan The Federal Reserve untuk mendorong suku bunga lebih tinggi lagi.

Bank sentral AS pekan lalu menaikkan target suku bunga kebijakan sebesar 25 basis poin ke kisaran 5,25% hingga 5,50%. Investor berharap bahwa bank sentral utama lainnya, seperti Bank Sentral Eropa yang juga menaikkan suku bunga bulan ini, mungkin hampir menyelesaikan kenaikan suku bunga.

"Dukungan terhadap emas didasarkan pada ekspektasi bahwa bank-bank sentral di seluruh dunia akan mengakhiri siklus kenaikan suku bunga mereka," kata Rupert Rowling, analis pasar di Kinesis Money seperti dikutip Market Watch.

Indeks dolar AS yang mengukur mata uang tersebut terhadap sekeranjang enam mata uang utama saingan, turun 0,8% pada Juli, meskipun telah naik 0,2% menjadi 101,83 pada Senin (31/7).

"Harga emas sedang mencoba bullish karena meningkatnya optimisme bahwa bank-bank sentral utama mendekati akhir dari siklus pengetatan mereka. Bank sentral Australia mungkin selesai minggu ini dan Bank Sentral Inggris (BoE) mungkin selesai setelah beberapa minggu lagi," kata Edward Moya, analis di platform perdagangan daring OANDA.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...