Ghana, Pasien IMF yang Bangkrut Karena Terlilit Utang

Hari Widowati
29 September 2023, 16:47
Francis Kokoroko menyiapkan adonan roti di toko roti Bethel Brothers di Accra, Ghana. Pemerintah Ghana bangkrut akibat utang luar negeri yang membengkak.
ANTARA FOTO/REUTERS/Francis Kokoroko/aww/sad.
Francis Kokoroko menyiapkan adonan roti di toko roti Bethel Brothers di Accra, Ghana. Pemerintah Ghana bangkrut akibat utang luar negeri yang membengkak.

Pemerintah Ghana telah mengajukan pailit atau bangkrut setelah gagal membayar utang yang jatuh tempo kepada kreditor internasional bernilai miliaran dolar pada Desember 2022. Menurut laporan The New York Times, pemerintahan Presiden Nana Akufo-Addo tidak memiliki pilihan lain selain menerima pinjaman senilai US$ 3 miliar dari Dana Moneter Internasional (IMF) demi mengatasi krisis finansial di negaranya.

Krisis finansial telah membelit berbagai sektor.  Banyak perusahaan konstruksi harus memberhentikan pekerjanya, hal ini menambah berat masalah pengangguran yang menimpa Ghana. Emmanuel Cherry, Direktur Eksekutif salah satu asosiasi perusahaan konstruksi di Ghana, mengungkapkan bahwa pemerintah menunggak pembayaran kepada para kontraktor senilai 15 miliar Cedi atau sekitar US$ 1,3 miliar, belum termasuk bunga.

Pemerintah Ghana juga berhutang kepada produsen listrik swasta senilai US$ 1,58 miliar. Jika utang ini tak kunjung dibayar, negara berjuluk Bintang Hitam itu terancam akan mengalami pemadaman listrik di berbagai wilayah.

Menurut laporan Reuters, utang publik Ghana mencapai 467,4 miliar Cedi atau setara US$ 37,4 miliar per September 2022. Sekitar 42% dari utang tersebut adalah utang rumah tangga. Sementara itu, menurut Fitch Ratings, 70% pendapatan pemerintah Ghana tersedot untuk pembayaran bunga utang.

"Pemerintah pada dasarnya sudah bangkrut. Ini adalah kali ke-17 Ghana terpaksa meminta bantuan IMF sejak memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1957. Krisis terbaru ini sebagian dipicu oleh pandemi Covid-19, invasi Rusia ke Ukraina, serta kenaikan harga pangan dan bahan bakar," tulis New York Times.

Rencana Penyelamatan Ekonomi Ghana

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...