Israel Deklarasi Perang, Pertama Kali dalam 50 Tahun

Image title
Oleh Safrezi
9 Oktober 2023, 21:29
israel, deklarasi perang israel, perang israel, palestina, hamas, perang palestina, gaza, intifada, konflik israel palestina, perang yom kippur, perang yom kipur
Katadata
Konflik Palestina - Israel meningkat

Serangan kelompok militan Palestina, Hamas, ke Israel dekat perbatasan Gaza pada Sabtu, 7 Oktober 2023, semakin memperparah konflik. Pemerintah Israel merespons dengan mendeklarasikan perang terhadap Hamas. Ini merupakan deklarasi perang pertama Israel dalam 50 tahun setelah Perang Yom Kippur pada 1973.

Rentetan serangan dari militan Hamas di kota-kota Israel akhir pekan lalu ini dilaporkan melibatkan ribuan roket. Ini merupakan serangan paling mematikan sejak serangan Mesir dan Suriah dalam perang Yom Kippur sekitar 50 tahun lalu.

Makanya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan negaranya akan melakukan pembalasan besar-besaran dan bersiap untuk "perang yang panjang dan sulit". Pernyataan perang ini disepakati kabinet Israel hanya beberapa jam setelah serangan Hamas. Deklarasi ini perang ini berdasarkan artikel 40 dari basic Law Israel.

"Warga Israel. Kita sedang perang dan kita akan menang," ungkap Netanyahu melalui pernyataan publiknya, seperti dikutip Times of Israel, Sabtu (7/10).

Netanyahu menyatakan akan mengerahkan pasukan dan memanggil pasukan cadangan Israel untuk menyerang Hamas sampai titik darah penghabisan. Dia memerintahkan militer untuk membersihkan kota-kota yang disusupi militan Hamas yang masih terlibat baku tembak dengan tentara Israel.

Dia juga memperingatkan warga Palestina yang berada di jalur Gaza untuk segera mengungsi. Pemerintah Israel juga memutuskan untuk menghentikan pasokan listrik, barang, dan bahan bakar ke Gaza.

Israel dikabarkan telah menyiapkan lebih dari 100.000 tentara cadangannya di selatan untuk membalas serangan mendadak kelompok militan Palestina, Hamas di Jalur Gaza. Selain itu, menurut laporan Associated Press, Israel juga telah mengerahkan pasukan khusus untuk mencoba merebut kendali empat lokasi pemukiman bersama yang kini dikuasai Hamas.

Deklarasi perang ini telah memicu operasi militer besar-besaran di Gaza. Tank dan kendaraan pengangkut personel telah dikerahkan ke dekat perbatasan Israel-Gaza. Hingga Minggu (8/10), setidaknya 700 orang di Israel tewas dan lebih dari 2.000 orang terluka akibat serangan Hamas. Sementara itu di Gaza, lebih dari 400 warga Palestina tewas dalam serangan udara Israel di wilayah padat penduduk tersebut.

Pasukan Pertahanan Israel (Israel Defence Force/IDF) mengaku telah menyerang lebih dari 400 sasaran di daerah kantong Gaza, termasuk 10 menara yang disebut digunakan Hamas dan sejumlah pasukan teroris di daerah sekitar Jalur Gaza. Kabar lain menyebutkan serangan udara Israel menghantam blok perumahan, terowongan, masjid dan rumah pejabat Hamas di Gaza.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...