Israel atau Hamas, Siapa Pelaku Serangan ke Rumah Sakit di Gaza?

Image title
Oleh Safrezi
19 Oktober 2023, 14:50
Rumah sakit di gaza, israel, hamas, serangan ke rumah sakit di gaza, Siapa Pelaku Serangan ke Rumah Sakit di Gaza? siapa dalang penyerangan rumah sakit di gaza?
Ashraf Amra/Reuters
Ilustrasi, sebuah gedung di Gaza hancur terkena serangan rudal.

Rumah Sakit Baptis Al-Ahli menjadi target serangan udara pada Selasa malam (17/10). Serangan ini menyebabkan 500 orang meninggal dan ratusan lainnya luka-luka. Namun, informasi yang simpang siur memicu pertanyaan siapa dalang di balik serangan ke fasilitas umum tersebut.

Intelijen Amerika Serikat (AS) menunjukkan bahwa Israel bukanlah pihak yang harus disalahkan dalam serangan ke rumah sakit di Gaza yang menewaskan ratusan orang. Juru bicara Dewan Keamanan Nasional (NSC), Adrienne Watson, mengatakan bahwa keyakinan tersebut didapat melalui serangkaian pengumpulan informasi dengan citra satelit hingga penyadapan.

"Berdasarkan analisis citra di atas kepala, penyadapan, dan informasi sumber terbuka, Israel tidak bertanggung jawab atas ledakan di rumah sakit di Gaza kemarin," kata Watson, seperti dikutip AFP, Rabu (18/10)

Meski banyak yang menuding Israel yang melakukan serangan terhadap rumah sakit ini, negara tersebut membantahnya. Juru bicara militer Israel Laksamana Muda Daniel Hagari menyangkal bahwa militernya yang melakukan serangan udara terhadap RS tersebut.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyalahkan roket Jihad Islam Palestina (PIJ) yang gagal menyeberang ke Israel. IDF mengatakan pihaknya sudah melakukan penyelidikan terkait sumber ledakan, dan menyatakan bahwa rumah sakit tersebut adalah bangunan yang sangat sensitif dan bukan target IDF.

“Analisis sistem operasional IDF menunjukkan bahwa rentetan roket ditembakkan oleh teroris di Gaza, dan melintas di dekat rumah sakit al-Ahli di Gaza pada saat serangan itu terjadi. Intelijen dari berbagai sumber yang kami miliki menunjukkan bahwa Jihad Islam bertanggung jawab atas kegagalan peluncuran roket yang menghantam rumah sakit di Gaza," kata IDF, seperti dikutip Fox News, Rabu (18/10).

Sementara Hamas pun membantah melancarkan serangan tersebut dan menuding Israel yang melakukannya. Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, mengutuk serangan udara ke RS Al-Ahli ini dengan mengatakan insiden ini menjadi "titik baru" perang dengan Israel.

Banyak pihak yang tidak mempercayai klaim Israel bahwa ledakan tersebut disebabkan oleh roket yang diluncurkan oleh kelompok Jihad Islam Palestina (PIJ). Skeptisisme ini dipicu oleh kontradiksi antara tanggapan langsung dan tanggapan Israel di kemudian hari.

Fakta-Fakta di Balik Serangan ke Rumah Sakit di Gaza

Sebelum serangan terjadi, ternyata Israel telah memberikan peringatan evakuasi kepada Rumah Sakit Al-Ahli Baptis. Rumah sakit yang dikelola Gereja Anglikan ini menyediakan perawatan dan perlindungan bagi ratusan warga Palestina yang terluka dan terlantar akibat serangan Israel di Gaza selama hampir dua pekan.

"Rumah sakit tersebut telah menerima ancaman dari Israel untuk dievakuasi atau dibom," ujar pernyataan Kementerian Kesehatan Palestina, seperti dikutip Middle East Eye, Rabu (18/10).

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan, pekan lalu Israel meminta semua rumah sakit di Gaza utara dan pusat Kota Gaza untuk dikosongkan. Kementerian Kesehatan Palestina menolak ancaman tersebut dan menolak meninggalkan pasien yang rentan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...