Palestina Minta Israel Dikenakan Sanksi Ekonomi

Agustiyanti
3 November 2023, 12:08
israel, palestina, sanksi ekonomi
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah aktivis yang tergabung dalam Amnesty International Indonesia bersama tokoh masyarakat menggelar aksi unjuk rasa damai demi mengakhiri kekerasan Israel di Jalur Gaza di depan Gedung Kedubes Amerika Serikat, Jakarta, Jumat (27/10). Unjuk rasa tersebut massa aksi menuntut Israel, dan negara-negara sekutunya Amerika Serikat untuk memastikan Israel menghentikan serangan besar-besaran ke Gaza sekaligus mengakhiri penindasan sistem Apartheid kepada warga Palestina.

Perang Israel dan Hamas telah berlangsung hampir satu bulan dan membunuh ribuan warga Palestina, termasuk perempuan dan anak-anak. Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun meminta agar Israel diisolasi dari komunitas internasional dan dijatuhkan sanksi secara ekonomi dan politik.

“Saya selalu mengatakan bahwa Israel harus diisolasi. Kedua, sanksi harus diterapkan terhadap Israel secara ekonomi dan politik,” kata Zuhair di Jakarta, Kamis (2/11), seperti dikutip dari Antara. 

Acara malam renungan tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap Palestina yang diselenggarakan oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI).

Zuhair mengatakan, Israel mengabaikan semua tuntutan internasional yang ditujukan pada Israel. "Semua inisiatif perdamaian, Israel tidak peduli,” tambahnya.

Dubes Palestina tersebut mengatakan bahwa komunitas internasional yang mengupayakan dan mencari perdamaian harus mengikuti peraturan serta hukum internasional. Palestina berharap dapat mengakhiri perang dengan Israel dan perbatasan harus dibuka untuk bantuan medis dan lainnya.

Pada kesempatan yang sama, seorang warga Palestina yang turut hadir dalam malam renungan tersebut, Mia Abedrabboh Screpnek, berbagi cerita tentang ayahnya yang diasingkan dari Palestina pada 1967.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...