Israel Larang Bahan Bakar Masuk Gaza

Safrezi Fitra
5 November 2023, 13:39
Israel Larang Bahan Bakar Masuk Gaza, Israel ambil alih gaza, israel, palestina, gaza
Antara

Israel melarang distribusi bahan bakar masuk ke wilayah Gaza. Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich menegaskan bahan bakar tidak boleh masuk Gaza apa pun keadaannya. Sebelumnya, Israel juga diduga akan memindahkan jutaan warga Palestina yang berada di Gaza.

"Gaza akan berada dalam kendali Israel setelah perang," kata Smotrich seperti dilaporkan  Channel 12, dikutip Antara, Minggu (5/11). Dia mengungkapkan hal ini tanpa menjelaskan lebih jauh.

Hal ini menguatkan dugaan bahwa Israel ingin mengambil alih Gaza, setelah sebelumnya Israel berencana memindahkan jutaan warga Gaza ke Mesir.

Tidak hanya mencegah bahan bakar dan listrik masuk Gaza, Israel juga membatasi dengan ketat pasokan air, makanan dan obat-obatan sejak mulai konflik pada 7 Oktober.

Bulan Sabit Merah Palestina pada Sabtu (4/11), mengatakan awak-awaknya menerima 47 truk pada Jumat melalui pintu lintas batas Mesir-Jalur Gaza di Rafah. Truk-truk itu berisi bantuan, sementara bahan bakar masih tidak dibolehkan masuk ke kantong wilayah Palestina tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...