Alasan Yordania Melumpuhkan Serangan Iran ke Israel

Safrezi Fitra
17 April 2024, 15:12
Alasan Yordania Melumpuhkan Serangan Iran ke Israel, Yordania menembak puluhan rudal dan drone Iran untuk menyerang Israel. Aksi ini membuat Yardania dianggap membela Israel.
Palestine Portal
Button AI Summarize

Yordania menjadi sorotan masyarakat dunia setelah dianggap membantu Israel dengan menembak jatuh puluhan rudal yang ditembakkan Iran akhir pekan lalu. Aksi Yordania ini membuat negara tersebut berpotensi terlibat dalam konflik Iran dengan Israel yang terjadi saat ini.

Pemerintah Yordania dalam pernyataan resminya menyebut alasan tindakan mereka menembak drone dan rudal Iran adalah untuk memastikan kedaulatan wilayah udara negaranya. Yordania ingin melindungi warganya terhadap ancaman yang mungkin terjadi akibat serangan Iran ke Israel.

"Kami mencegat rudal dan drone karena mengancam warga kami dan wilayah-wilayah yang populasinya banyak," seperti dikutip dalam pernyataan resmi Pemerintah Yordania.

Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Al Safadi mengatakan pihaknya telah melakukan penilaian terhadap risiko bahaya serangan Iran terhadap Israel yang melalui negaranya. Ada kemungkinan rudal-rudal tersebut jatuh mengenai negaranya. Sehingga militer Yordania memutuskan menangani bahaya tersebut.

Secara geografis, Yordania berbatasan dengan Arab Saudi, Irak, Suriah juga Tepi Barat dan Israel. Rudal yang ditembakkan dari Iran akan melewati Irak dan Yordania sebelum sampai ke Israel. Yordania merasa perlu menyelamatkan warganya terhadap serangan Iran ke Israel yang memungkinkan nyasar ke negaranya.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...