Menko Airlangga: ASEAN-GCC dapat Tampil sebagai Kekuatan Ekonomi Baru

Image title
1 Mei 2024, 08:03
Menko Airlangga
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/YU
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers Perkembangan Isu Perekonomian Indonesia di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (18/4/2024).
Button AI Summarize

Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto menyambut positif hasil dialog strategis, antara ASEAN dan organisasi kerja sama negara-negara teluk atau Gulf Cooperation Countries (GCC) di World Economic Forum (WEF) di Arab Saudi.

Mengutip The Malaysian Reserve, Menko Airlangga mengungkapkan, kedua negara meyakini pertemuan tersebut akan meningkatkan kerja sama ASEAN dengan GCC, khususnya di bidang perdagangan dan investasi, sebagai kekuatan ekonomi baru.

Kedua pemimpin tersebut, bergabung dengan para menteri dari ASEAN dan GCC yang diundang oleh WEF untuk membahas dan mengidentifikasi bagaimana kedua organisasi dapat meningkatkan kerja sama untuk pertumbuhan berkelanjutan di tengah ketidakpastian global.

Dalam keterangan resmi, Airlangga menjelaskan, bahwa Indonesia, Malaysia, dan Laos merupakan “troika” ketua ASEAN tahun ini. Ini merupakan konsep rotasi ketua suatu acara untuk menjamin keberlangsungan isu yang dibicarakan.

Keketuaan ASEAN pada 2023 lalu, dipegang oleh Indonesia dengan tema 'Episentrum Pertumbuhan'. Sedangkan, tahun ini posisi tersebut diserahkan kepada Laos yang juga bertepatan dengan KTT ASEAN-GCC. Malaysia, akan memegang posisi keketuaan pada 2025 mendatang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...