Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam Secara Baik dan Benar

Image title
7 September 2021, 21:50
Ilustrasi produk skincare
Freepik
Ilustrasi produk skincare

Perawatan kulit merupakan salah satu rutinitas yang tidak boleh dilewatkan. Kini banyak produk skincare yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit, terlebih kulit wajah. Meski demikian, skincare perlu diaplikasikan sesuai urutan agar mendapatkan hasil maksimal.

Ada banyak produk yang bisa digunakan untuk mendapatkan kulit wajah sehat dan terawat, seperti toner, serum, moisturizer, dan sebagainya. Setiap produk memiliki tekstur berbeda ada yang berbentuk gel, krim, atau bahkan cair.

Advertisement

Sebelum mengetahui urutan pemakaian skincare, Anda perlu memahami kandungan dalam produk yang akan digunakan. Itu karena, zat aktif dalam skincare saling bereaksi ketika diaplikasikan pada kulit. Untuk itu, mengaplikasikan skincare dengan urutan tepat dapat membuat kulit siap menerima produk, serta dapat meningkatkan kinerja produk lebih optimal.

Nah, apabila sudah tahu pentingnya memakai skincare sesuai urutan, berikut urutan pemakaian skincare yang tepat, terutama untuk pemula.

 
Ilustrasi penggunaan cuka apel untuk wajah
Ilustrasi penggunaan cuka apel untuk wajah (Sarah Chai/Pexels)

Urutan skincare pagi

Terdapat perbedaan pada urutan penggunaan skincare saat pagi dan malam hari. Untuk pagi hari, penggunaan produk skincare bertujuan melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UV) dari matahari dan polusi udara. Berikut urutan skincare pagi hari yang benar dilakukan.

1. Cleanser

Urutan pemakaian skincare paling pertama adalah membersihkan wajah. Anda dapat membersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah, baik facial wash atau facial foam.

Membersihkan wajah dengan sabun cuci muka setelah bangun pagi bertujuan menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk semalaman saat tidur. Jika wajah sudah bersih, produk skincare yang akan digunakan selanjutnya menjadi lebih mudah menempel dan meresap ke dalam kulit wajah.

2. Toner wajah

Urutan pemakaian skincare pagi berikutnya adalah toner wajah. Toner berfungsi mengangkat sisa kotoran dan minyak berlebih yang masih menempel setelah membersihkan wajah.

Bagi pemilik kulit berjerawat, memakai toner dengan kandungan tertentu dapat membantu meredakan peradangan, mengempiskan jerawat, serta mencegah kemunculan jerawat baru di kemudian hari. Penggunaan toner juga berfungsi membantu mengembalikan pH kulit yang hilang saat tahapan mencuci muka.

Selain itu, toner bisa membantu mempersiapkan kulit sebelum menggunakan produk skincare lainnya, seperti serum dan pelembap.

3. Essence

Bagi Anda yang mengikuti tren skincare, tentu sudah tidak asing lagi dengan produk essence. Banyak perempuan yang mewajibkan essence sebagai salah satu produk perawatan wajah hariannya. Termasuk dalam urutan pemakaian skincare pagi.

Essence adalah cairan berbahan dasar air dengan konsentrasi bahan aktif tinggi. Essence berfungsi untuk melembapkan dan membantu produk skincare selanjutnya meresap lebih baik ke dalam kulit.

Essence memiliki kandungan asam hialuronat, gliserin, dan vitamin C yang tinggi dan dapat membantu menenangkan, menutrisi kulit, serta mencegah penuaan.

Anda dapat menggunakan essence dalam urutan pemakaian skincare sesudah memakai toner atau sebelum menggunakan serum wajah. Caranya, cukup tuang beberapa tetes essence ke telapak tangan lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah secara perlahan.

4. Serum wajah

Selanjutnya, urutan pemakaian skincare pagi adalah serum wajah. Serum biasanya berbentuk cairan yang lebih kental daripada essence. Produk ini memiliki tekstur ringan dan mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi. Serum dianggap lebih efektif meresap ke dalam kulit dibandingkan pelembap atau krim wajah.

Cara memakai serum wajah adalah dengan menuangkannya ke telapak tangan secukupnya atau seukuran lebih besar dari kacang polong. Lalu, oleskan serum tersebut ke seluruh permukaan wajah hingga leher secara merata. Tepuk-tepuk area wajah dan leher secara perlahan agar serum wajah dapat menyerap ke dalam kulit dengan sempurna.

Untuk hasil yang maksimal, profesor dari departemen dermatologi Harvard Medical School, Dr. Maryam M. Asgari menekankan bahwa serum harus dioles pada kulit yang sudah bersih. Setelah terserap benar, urutan pemakaian skincare bisa dilanjutkan dengan menggunakan pelembap atau moisturizer.

5. Pelembap atau moisturizer

Mengoleskan pelembap atau moisturizer adalah urutan skincare pagi berikutnya. Moisturizer berfungsi untuk melembapkan kulit wajah serta menghaluskan.

Bagi pemilik kulit wajah kering, Anda dapat memilih pelembab dengan tekstrur krim. Tekstur krim yang lebih tebal juga bisa dipilih oleh pemilik kulit wajah normal dan kulit wajah kombinasi. Sementara itu, untuk tipe kulit wajah berminyak dapat menggunakan pelembap bertekstur cair atau gel.

Cara memakainya, ambil pelembap dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran kacang polong ke telapak tangan. Oleskan pelembap pada area pipi terlebih dahulu, lalu oleskan ke atas menuju dahi dengan gerakan memijat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement