21 Rekomendasi Hewan Peliharaan Lucu, Unik, dan Mudah Dirawat

Dwi Latifatul Fajri
28 September 2021, 17:35
21 Rekomendasi Hewan Peliharaan Lucu, Unik, dan Mudah Dirawat
pixabay.com

Beberapa orang menyukai suasana rumah saat diisi hewan-hewan lucu dan unik. Anda juga bisa dengan mudah menemukan hewan peliharaan yang mudah dipelihara, jinak, dan serta memiliki warna menarik.

Jenis hewan peliharaan yang banyak dipilih, umumnya adalah kucing dan anjing. Kedua hewan ini memiliki bulu halus hingga berwajah imut. Dalam merawatnya, pemilik hewan juga perlu memberikan makan dan minuman yang cukup, perawatan ekstra, dan tempat tinggal nyaman. 

Advertisement

Daftar Hewan Peliharaan

1. Ikan Cupang

Ikan cupang atau Betta Fish memiliki beragam corak, warna, dan jenis. Ikan hias ini berasal dari Asia, dulunya hidup di perairan dangkal, rawa-rawa, kolam, atau sungai berarus lambat.

Ikan berukuran mini ini kemudian dikembangkan menjadi berbagai varian dan memiliki warna cantik. Cupang yang dipelihara cenderung hidup sendiri dan ditempatkan pada wadah terpisah dari ikan lain.

Selain itu, cupang juga masuk dalam daftar hewan peliharaan yang mudah dirawat. Di alam bebas ikan ini bisa memakan larva dan serangga kecil. Anda bisa memberi makan secara rutin memakai pelet dan makanan ikan berukuran kecil.

Jika Anda tertarik memelihara ikan cupang, pastikan untuk membersihkan wadahnya secara teratur. Anda juga bisa menambahkan obat anti jamur dan daun ketapang untuk kesehatan ikan cupang.

2. Kelinci

Kelinci masuk dalam daftar hewan peliharaan yang mudah dirawat. Anda bisa membelikan kandang dan rutin memberi air, serta sayuran pada kelinci. Selain itu, Anda harus membersihkan secara rutin kotoran di kandang.

Selain mudah dirawat, kelinci termasuk hewan lucu dan menggemaskan. Binatang pengerat ini memiliki bulu halus dan wajah imut. Di Indonesia ada jenis kelinci populer yang biasanya dijadikan hewan peliharaan. Jenis kelinci itu antara lain:

  • Kelinci Rex

Jenis kelinci yang memiliki bulu putih dasar dan warna hitam bintik-bintik di tubuhnya. Kelinci ini berasal dari Argentina.

  • Kelinci Anggora

Kelinci Anggora memiliki bulu panjang dan tebal seperti kucing anggora. Kelinci ini berasal dari Turki. Ada beragam warna kelinci seperti putih, coklat, dan abu-abu.

  • Kelinci Satin

Hewan peliharaan satu ini memiliki warna coklat dan hitam, serta berbuntut pendek. Kelinci ini berasal dari Amerika Serikat (AS)

  • Kelinci Lop

Merupakan kelinci bertelinga panjang dan berbulu tebal. Kelinci ini memiliki warna putih, hitam atau coklat.

3. Landak Mini

Landak mini berukuran kecil, bulunya tidak tajam, dan jinak pada manusia. Landak mini memiliki duri halus yang bisa dibersihkan dengan sikat. Hewan peliharaan ini berasal dari Afrika dan bisa hidup selama 3-6 tahun.

Landak mini termasuk binatang aktif, namun kadang pendiam, dan membutuhkan banyak perawatan. Jika Anda ingin memelihara landak mini, pastikan memiliki air yang cukup untuk minum. Beri makanan berkualitas seperti buah, sayur, dan camilan untuk landak.

4. Anjing

Anjing banyak dipelihara dan terdiri dari berbagai jenis. American Kennel Club (AKC) menemukan 195 jenis dan 79 jenis anjing terbaru. Ada berbagai jenis anjing sebagai hewan peliharaan, menjaga rumah, dan bermain bersama anak-anak.

Anjing memiliki sifat periang, lucu, dan taat pada pemiliknya. Anda bisa melatih anjing peliharaan untuk menangkap bola atau kayu. Sekarang ini, ada ratusan varian anjing mulai dari ukuran terkecil seperti chihuahua sampai anjing berukuran besar seperti bulldog.

5. Ikan Hias

Mengutip dari Insider.com, ikan hias masuk dalam daftar hewan peliharaan populer di Amerika Serikat. Di negara tersebut, setiap rumah atau sekitar 12% memelihara ikan hias. Ikan hias masuk dalam daftar hewan yang mudah dirawat dan menyenangkan.

Ada berbagai jenis ikan hias air tawar dan air laut yang bisa dimasukkan dalam akuarium berukuran besar. Anda bisa memberikan tanaman air, pasir, oksigen dan hiasan untuk menambah cantik akuarium. Makanan ikan hias bisa beragam, seperti jentik nyamuk, kutu air, pelet, sampai cacing sutra.

Ada berbagai jenis ikan hias yang bisa dipelihara di akuarium seperti Ikan guppy, neon tetra, ikan sumatra, ikan neon hitam, ikan emas, angelfish, dan masih banyak lagi.

6. Ikan Arwana

Ikan arwana masuk dalam daftar ikan peliharaan berharga tinggi. Hewan peliharaan ini masuk dalam suku kecil ikan air tawar primitif. Ikan arwana masih kerabat dengan ikan arapaima gigas.

Ikan ini memiliki bentuk warna yang indah dan kepala yang unik. Harga satu arwana mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah. Ada beberapa jenis ikan arwana seperti:

  • Arwana Super Red

Ikan arwana ini berasal dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum, Kalimantan Barat. Mengutip dari Kkp.go.id, ikan arwana ini berwarna merah dan dikelompokkan menjadi 4 varietas. Varietas tersebut adalah Arwana Merah Darah (Blood Red), Merah Cabai (Chili Red), Merah Orange (Orange Red), dan Merah Emas (Golden Red).

  • Arwana Golden (Cross Back, Cross Back Golden ,CBG)

Ikan ini dijumpai di beberapa daerah seperti Malaysia, seperti Perak, Trengganu, Danau Bukit Merah dan Johor. Ikan arwana ini memiliki warna dasar ungu, biru, emas, dan perak. Ikan arwana gold dapat mencapai warna penuh pada usia lebih muda dibandingkan jenis lain.

  • Arwana Golden Red (Red Tail Golden, RTG)

Ikan arwana ini memiliki warna emas pada bagian sisik. Ikan arwana golden red muda memiliki warna lebih kusam dibandingkan jenis yang lain.

  • Arwana Hijau (Green Arwana/ Golden Piano)

Arwana hijau ditemukan di Thailand, Malaysia, Myanmar, Komboja, dan Indonesia. Hewan peliharaan satu ini memiliki warna kelabu kehijauan garis-garis di bagian ekor. Ikan ini juga memiliki mulut lebih besar dibanding jenis ikan arwana lainnya.

  • Arwana Banjar

Arwana Banjar memiliki warna sirip jingga pucat, ekor berwarna kuning atau jingga, dan tidak memiliki warna merah di badan. Ikan arwana jenis ini memiliki ciri khas bentuk kepala cenderung bulat dan mulut tidak terlalu lancip.

  • Arwana Silver/Arwana Brazil

Ikan arwana silver memiliki panjang 50-60 cm dan berasal dari Amerika Selatan. Ikan ini memiliki warna platinum perak atau silver. Bagian tubuhnya berwarna perak merata.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement