Beda Kategori, Ini Makanan Kura-Kura Darat, Air, dan Brazil

Makanan kura-kura cukup bervariasi, tergantung dari spesies dan habitat asalnya. Hewan ini bisa menjadi herbivora, karnivora, atau bahkan omnivora. Berikut makanan kura-kura darat, air, dan brasil.
Image title
29 Oktober 2021, 21:40
Makanan kura-kura
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.
Makanan kura-kura.

Kura-kura merupakan hewan golongan reptil dengan ciri khas batok (bony shell) yang keras dan kaku pada bagian atas dan bawah tubuhnya.

Mengutip Lembaga Ilmu Pengatahuan Indonesia (LIPI), setidaknya terdapat sekitar 300 jenis kura-kura yang hidup di dunia. Dari jumlah tersebut, beberapa di antaranya merupakan hewan ramah yang dapat dipelihara.

Ada beberapa jenis kura-kura yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan, antara lain kura-kura air seperti red eared slider, kura-kura kotak, dan kura-kura darat. Itu karena, masing-masing kura-kura memiliki kebutuhan makanan yang berbeda, maka penting untuk mengetahui makanan terbaik untuk jenis kura-kura tertentu.

Makanan Kura-Kura

Berdasarkan catatan Small Pets, makanan kura-kura tergantung pada spesiesnya. Hewan ini bisa menjadi herbivora (pemakan tumbuhan), karnivora (pemakan daging), atau bahkan omnivora (pemakan tumbuhan dan daging).

Toko hewan peliharaan menawarkan berbagai produk makanan kura-kura dalam bentuk pelet, stik, dan potongan yang diformulasikan untuk berbagai jenis kura-kura. Dengan begitu, hewan peliharan bisa mendapatkan nutrisi seimbang dengan vitamin dan mineral yang sesuai untuk menjaga kesehatan kura-kura.

Jenis makanan ini bukan satu-satunya olahan yang bisa dikonsumsi kura-kura. Pemilik bisa memberikan makanan yang lebih sehat dan lebih murah dengan menawarkan makanan segar yang mengandung nutrisi tertentu, seperti:

  • Protein: Telur rebus, ulat, siput, jangkrik, cacing tanah.
  • Sayuran: Jagung, buncis, bit, wortel, kacang polong, labu, ubi, wortel, selada, sawi hijau, kangkung, bayam.
  • Buah-buahan: Apel, anggur, stroberi, melon, pisang, kiwi, mangga, tomat.
  • Bunga: Geranium, dandelion, petunia, lili, anyelir.

Selain berbagai makanan dan suplemen, toko hewan peliharaan juga menawarkan kura-kura sumber kalsium tambahan. Itu semua diperlukan agar cangkang kura-kura lebih kuat dan sehat. Sotong adalah sumber kalsium yang baik sebagai tambahan makanan kura-kura.

Tips Memberi Makan Kura-Kura Peliharaan

Makanan terbaik untuk kura-kura peliharaan adalah makanan yang segar dan bervariasi untuk menyediakan berbagai sumber nutrisi. Sama seperti manusia, kura-kura memiliki selera mereka masing-masing.

Menawarkan makanan yang berbeda akan membantu kura-kura tetap lahap, sehat, dan bahagia. Tips lainnya untuk memberikan makanan kura-kura peliharaan, yakni:

  • Hindari menawarkan kura-kura produk susu, seperti susu, yogurt, atau keju. Kura-kura tidak dapat mencerna susu, dan hal tersebut dapat menyebabkan penyakit.
  • Tawarkan sumber protein hanya 2-3 hari, guna menghindari asupan protein berlebih dalam makanan kura-kura.
  • Hindari daging mentah karena bisa ternoda atau busuk sebelum kura-kura memakannya.
  • Hindari makanan buatan pabrik, seperti biskuit atau roti yang mungkin mengandung bahan-bahan yang tidak mendukung kesehatan kura-kura.
  • Tawarkan makanan dalam porsi kecil dan lebih mudah dimakan, terutama kepada bayi kura-kura. Hewan ini tidak memiliki gigi dan menggunakan rahangnya untuk memotong makanan menjadi potongan-potongan kecil.
  • Makanan segar merupakan makanan terbaik bagi kura-kura. Jangan tinggalkan makanan di dalam kandang kura-kura, karena bisa jadi makan akan berjamur atau membusuk. Selalu bersihkan piring mereka sebelum menambahkan makanan kura-kura.
  • Kura-kura yang hidup di alam liar seperti kebanyakan reptil lainnya memakan apa pun yang mereka temui. Makanan kura-kura bervariasi, tergantung pada faktor regional dan aksenya untuk memperoleh makanan di habitatnya. Kura-kura air dan darat memiliki pola makan yang berbeda.

Makanan Kura-Kura di Alam Liar

Kura-kura air makan sebagian besar protein yang dapat ditemukan di dalam air. Protein ini dapat terdiri dari:

  • Ikan
  • Jangkrik
  • Laba-laba
  • Siput
  • Udang

Untuk kura-kura air berukuran lebih besar, dapat memangsa bebek atau burung yang sedang beristirahat di permukaan air.

Sementara itu, kura-kura darat seperti kura-kura gurun, biasanya merupakan hewan herbivora dan memakan tumbuh-tumbuhan yang mereka temui di wilayah mereka. Makanan yang mungkin dikonsumsi, di antaranya:

  • Rumput
  • Daun-daun
  • Bunga liar
  • Kaktus dan pir kaktus
  • Buah-buahan, seperti blueberry, dan raspberry

Kura-kura peliharaan dapat memakan berbagai macam makanan, mulai dari serangga kecil, buah-buahan dan sayuran, hingga bunga. Oleh karena itu, pemilik perlu menawarkan makanan yang bervariasi dan seimbang untuk menjaga kura-kura peliharaan tetap sehat, lahap, dan tidak stres.

Untuk memilih makanan yang bervariasi dan memberi makanan kura-kura dengan baik, Anda bisa menambahkan suplemen hewan peliharaan untuk memastikan kecukupan vitamin dan mineral, sehingga kura-kura peliharaan dapat hidup lebih lama.

Makanan Kura-Kura Brazil

Salah satu jenis kura-kura yang sering dijadikan hewan peliharaan adalah kura-kura Brazil. Hewan ini memiliki kemampuan adapatasi yang sangat baik. Hewan dengan nama latin trachemys scripta elegans ini dapat hidup hingga 25 tahun dengan panjang maksimal 40 centimeter.

Kura-kura bertubuh mungil ini tergolong hewan omnivora. Kendati demikian, pemilik tidak boleh memberikan makanan secara sembarang, terlebih pada bayi kura-kura Brazil. Di alam liar, makanan kura-kura Brazil biasanya terkait vegetasi air, ikan kecil, ikan mati, atau katak.

Jika ingin memilihara kura-kura ini, pemilik mesti memperhatikan asupan nutrisi mereka supaya dapat mendukung pertumbuhan dan kesehatannya. Beragam makanan penuh gizi bisa diperoleh langsung dari alam atau membelinya di toko hewan peliharaan.

Adapun makanan kura-kura Brazil yang baik untuk pertumbuhan, di antaranya:

  • Pelet: Berikan pelet dengan jumlah yang pas dan tidak berlebih, sesuai ukuran badannya.
  • Buah dan sayur: Pemberian buah dan sayur dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral mereka, seperti pisang, apel, pepaya, tomat, selada, sawi, wortel, dan sejenisnya.
  • Tanaman air: Tanaman seperti selada air atau eceng gondok dapat meningkatkan kuliatas air sekaligus menjadi makanan kura-kura.
  • Telur: Rebus telur dan potong sesuai ukuran kura-kura. Telur merupakan sumber protein yang baik bagi kura-kura.
  • Serangga dan cacing: Jangkrik, belalang, semut, cacing tanah, cacing sutra merupakan makanan kegemaran kura-kura Brazil yang hidup di alam liar.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait