10 Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami dan Pakai Obat

Image title
7 Januari 2022, 09:25
Ilustrasi penderita perut kembung. Cara mengatasi perut kembung antara lain konsumsi jahe, mengurangi garam, dan memijat perut.
Unsplash/Towfiqu Barbhuiya
Ilustrasi penderita perut kembung

Permasalahan perut kembung umum dialami banyak orang. Mengutip buku Ensiklopedi Kesehatan: Penyakit, perut kembung biasanya ditandai dengan rasa penuh pada perut dan jika ditepuk maka terdengar bunyi seperti gendang.

Setiap hari, manusia bisa mengeluarkan gas sebanyak 8-20 kali. Namun, terkadang pengeluaran gas tidak berjalan lancar jika jumlah gas dalam perut dan usus berlebih dan tubuh tidak bisa mengeluarkannya. Akibatnya, perut terasa kembung dan sakit.

Ada beberapa penyebab perut kembung. Menurut publikasi Johns Hopkins Medicine, sembelit adalah penyebab utama perut kembung. Saat sembelit, tinja berada di usus besar dalam waktu yang lama sehingga semakin banyak bakteri yang memfermentasi sehingga menghasilkan banyak gas penyebab perut kembung.

Penyebab perut kembung yang lain adalah terlalu banyak makan kacang-kacangan. Menurut Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS dalam buku Sehat Dengan Hidangan Kacang Dan Biji-bijian, perut kembung dapat terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi kacang-kacangan yang mengandung oligosakarida.

Konsumsi oligosakarida yang berlebih dapat menyebabkan timbulnya gejala flatulensi, yaitu suatu keadaan menumpuknya gas-gas dalam lambung. Meskipun tidak bersifat toksik, flatulensi dapat berakibat serius.

Peningkatan tekanan gas dalam rektum dapat menyebabkan sakit kepala, pusng, penurunan daya konsentrasi, dan perubahan mental. Flatulensi juga dapat berakibat pada timbulnya konstipasi serta diare.

Cara Mengatasi Perut Kembung

Terdapat beberapa cara mengatasi perut kembung yang dapat dicoba berikut ini.

1. Konsumsi jahe

Konsumsi jahe termasuk cara mengatasi perut kembung yang efektif. Menurut  dr. Prapti Utami dalam buku Antibiotik Alami untuk Mengatasi Aneka Penyakit, senyawa aktif di dalam jahe mampu menetralkan bakteri penyebab perut kembung.

Penelitian in vivo menunjukkan, senyawa aktif 8-gingerol dan 10-gingerol dalam jahe mampu menghambat perbanyakan bakteri jahat di dalam usus besar. Jenis bakteri yang dapat dinetralkan dengan jahe adalah bakteri pencerna karbohidrat yang melakukan fermentasi sehingga menyebabkan perut kembung.

2. Gunakan obat antasida

Antasida dapat dikonsumsi untuk mengatasi perut kembung. Berdasarkan publikasi Cleveland Clinic, antasida terbukti meredakan peradangan di saluran pencernaan dan membantu mengeluarkan gas lebih mudah.

Antasida mengandung bahan aktif simetikon yang bekerja untuk mengeluarkan gas dengan mengelompokkan gelembung-gelembung gas yang lebih kecil menjadi satu.

3. Berjalan-jalan

Cara mengatasi perut kembung selanjutnya adalah dengan berjalan-jalan. Aktivitas fisik dapat membuat usus bergerak lebih teratur sehingga dapat membantu melepaskan kelebihan gas penyebab perut kembung.

Membuat usus bergerak sangat penting, terutama jika seseorang merasa sembelit. Berjalan-jalan ringan dapat memberikan bantuan cepat agar tekanan gas dapat dikeluarkan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...