Pengertian Empati, Ciri-Ciri Perilaku, dan Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
4 April 2022, 19:05
Ilustrasi, sikap empati
Pexels.com/Pavel Danilyuk
Ilustrasi, sikap empati

Empati termasuk sikap baik yang ada dalam diri manusia. Sikap positif yang ada dalam diri manusia yaitu jujur, terbuka pada diri sendiri, ramah, dan peduli pada orang lain.

Dalam kehidupan sehari-hari, sikap positif ini membantu seseorang untuk menjalin hubungan sosial. Sifat empati membantu seseorang menempatkan diri di posisi orang lain.

Advertisement

Contoh empati yaitu, seseorang merasakan kesedihan ketika temannya terkena musibah. Dia membantu dan mengurangi kesedihan yang dirasakan oleh temannya.

Pengertian Empati

Dalam buku Dari Tanda Titik Hingga Ke Tanda Tanya, empati adalah kemampuan untuk membayangkan apa yang mungkin dirasakan atau dipikirkan orang lain.

Sikap empati menggambarkan seseorang yang bisa merasakan penderitaan atau kesenangan orang lain. Tetapi sifat ini tidak menghilangkan jati diri sendiri.

Pengertian Empati Menurut Para Ahli

1. Hoffman

Hoffman adalah sifat relatif stabil dari kepribadian seseorang. Menurut Hoffman, empati adalah kemampuan seseorang untuk merasakan emosi yang dialami orang lain.

2. Decety dan Jackson

Empati merupakan proses berbagi dan mengkomunikasikan rasa yang dialami seseorang. Proses ini terjadi asimilasi terhadap rasa sedih yang dialami dan menjadi bagian perasaannya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement