7 Manfaat Kebugaran Jasmani dan Bentuk-bentuk Latihannya

Image title
20 Mei 2022, 14:54
manfaat kebugaran jasmani
Pexels.com/Ron Lach
Ilustrasi, seseorang melakukan peregangan sebelum berolahraga.

Sesuai namanya, manfaat kebugaran jasmani yang paling utama adalah membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Dengan aktif melakukan latihan kebugaran jasmani, seseorang bisa lebih berstamina dan siap menjalani berbagai aktivitas.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kebugaran jasmani adalah kebugaran yang berkaitan dengan dampak latihan terhadap kondisi fisik, seperti kekuatan, daya tahan otot, fleksibilitas, hingga daya tahan kardiovaskular.

Kebugaran jasmani juga bisa diartikan sebagai kesanggupan dan kemampuan tubuh dalam menyesuaikan beban fisik yang diberikan tanpa menimbulkan kelelahan berlebih.

Unsur kebugaran jasmani meliputi kekuatan, daya tahan otot, daya ledak, kelentukan, dan kelincahan. Berbagai unsur tersebut bisa diperoleh dari latihan-latihan, seperti push up, lari bolak-balik, aerobik dan masih banyak lagi.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Rutin melakukan latihan kebugaran jasmani dapat berimbas pada fisik yang sehat. Mereka yang teratur berolahraga cenderung bisa melakukan pekerjaannya dengan efektif dan efisien tanpa mengalami kelelahan.

Selain itu, banyak manfaat lain yang bisa didapat oleh mereka yang memiliki tingkat kebugaran jasmani yang tinggi. Mengutip Katadata, emodul.kemdikbud.go.id dan sumber terkait lainnya, berikut manfaat kebugaran jasmani:

1. Menjaga Berat Badan

Melalui olahraga dengan melakukan kegiatan kebugaran jasmani dapat membakar kalori dalam tubuh kita. Dengan terbakarnya beberapa kalori di dalam tubuh maka berat badan akan turun jika sebelumnya berlebihan. Agar tidak kekurangan kalori karena terus terbakar, perlu diimbangi dengan menjaga pola makan yang sehat dan tidak berlebihan.

2. Memperbaiki Suasana Hati

Dengan kebugaran jasmani bisa memperbaiki suasana hati. Hal ini disebabkan kadar endorfin yang meningkat setelah melakukan olahraga dapat memicu rasa senang dan perasaan positif lainnya. Oleh karena itu, suasana hati yang tadinya buruk akan menjadi lebih baik karena jasmani telah bugar.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kadar gula darah dalam tubuh perlu dikontrol agar jiwa dan jasmani menjadi bugar. Ketika berolahraga, sel tubuh akan mengambil beberapa kadar gula darah yang kita miliki. Kadar gula darah tersebut mengandung energi, sebab itulah kadar gula darah berkurang ketika kita berolahraga. Dengan berolahraga secara rutin maka kadar gula darah di dalam tubuh akan lebih stabil.

4. Menekan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Latihan kebugaran jasmani juga dapat menekan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Sebab, latihan kebugaran jasmani dapat membuat otot jantung menjadi lebih kuat untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

5. Meningkatkan Kesehatan Otot dan Tulang

Otot dan tulang menjadi lebih sehat dan kuat ketika seseorang memiliki kebugaran jasmani yang tinggi. Hal tersebut terjadi karena olahraga membantu melepaskan hormon yang meningkatkan kemampuan otot untuk menyerap asam amino, sehingga tulang bisa tumbuh dengan baik dengan risiko kerusakan yang minim.

6. Tidur Lebih Nyenyak

Berolahraga dapat membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Namun, untuk memeroleh kebugaran jasmani, seseorang tidak dianjurkan untuk berolahraga sebelum tidur sebab akan terjadi lonjakan energi yang dapat membuat mata sulit terpejam.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...