Perhatikan Kadar Gula Darah Normal untuk Cegah Diabetes

Image title
8 Oktober 2021, 14:04
Ilustrasi seseorang mengukur kadar gula darah normal
Pexels/Klaus Nielsen
Ilustrasi seseorang mengukur untuk mengetahui kadar gula darah normal

Tubuh manusia terdiri dari berbagai sistem yang kompleks. Sebagai makhluk hidup, manusia membutuhkan asupan makanan bergizi seimbang untuk kesehatan. Jika asupan gizi tidak terpenuhi, dapat muncul masalah kesehatan.

Dalam tubuh manusia terdapat gula darah, yaitu gula yang terdapat dalam darah yang terbentuk dari asupan karbohidrat dalam makanan dan disimpan dalam bentuk glikogen di hati dan otot rangka. Hal tersebut dijelaskan dalam “Pedoman Pemeriksaan Laboratorium dan Diagnostik” oleh Joyce Le Fever.

Advertisement

Penting untuk mengukur kadar gula darah secara berkala karena kadar yang tinggi akan menyebabkan hiperglikemia. Definisi hiperglikemia menurut organisasi American Diabetes Association (ADA) adalah kadar gula darah yang tinggi dengan nilai lebih dari normal.

Kadar gula menjadi tinggi karena tubuh tidak memproduksi insulin atau insulin tidak bekerja dengan baik sehingga dapat menyebabkan diabetes tipe 2 atau diabetes melitus yang dikenal juga sebagai kencing manis.

Kadar gula darah normal artinya jumlah gula dalam darah tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi. Menjaga pola makan, aktivitas, dan minum obat yang Anda butuhkan secara teratur dapat membantu mempertahankan kadar gula darah normal.

Kadar Gula Darah Normal

Dari publikasi Kementerian Kesehatan, jumlah kadar gula darah normal dibedakan sebagai berikut.

  • Gula Darah Sewaktu (GDS) / tanpa puasa adalah < 200 mg/dL.
  • Gula Darah Puasa (GDP) adalah < 126 mg/dL.

Merujuk pada Jurnal Kedokteran Diponegoro Volume 7, Nomor 1, Januari 2018, Gula Darah Sewaktu (GDS) adalah parameter pemeriksaan kadar gula darah yang dapat diukur setiap saat tanpa memperhatikan waktu pasien terakhir kali makan.

Sedangkan Gula Darah Puasa (GDP) adalah parameter pemeriksaan kadar gula darah yang diukur setelah pasien berpuasa setidaknya 8 jam.

Rekomendasi lain menurut organisasi American Diabetes Association (ADA) menyarankan jumlah kadar gula darah normal adalah:

  • 80 - 130 miligram per desiliter (mg/dL) atau 4,4 hingga 7,2 milimol per liter (mmol/L) sebelum makan.
  • Kurang dari 180 miligram per desiliter (mg/dL) atau setara dengan 10,0 mmol/L dalam waktu dua jam setelah makan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menetapkan kadar gula darah normal saat puasa adalah antara 70 mg/dL hingga 100 mg/dL (3,9 mmol/L - 5,6 mmol/L). Jika saat puasa kadar gula darah mencapai 100 hingga 125 mg/dL (5,6 hingga 6,9 mmol/L), WHO menyarankan untuk mengubah gaya hidup dan memantau lebih lanjut.

Organisasi ADA menjelaskan, beberapa orang akan memiliki kadar gula darah yang sedikit lebih tinggi bagi kelompok orang berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement