Memahami Ragam Teknik Dasar Bulu Tangkis, dari Grip hingga Memukul

Image title
6 Juni 2022, 15:22
teknik dasar bulu tangkis
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/wsj.
Ilustrasi, olah raga bulu tangkis.

Bulu tangkis termasuk cabang olahraga yang digemari masyarakat. Terbukti dari banyaknya lokasi penyewaan lapangan bulu tangkis. Bukan cuma itu, bahkan tak sedikit masyarakat yang bermain bulu tangkis di pekarangan rumah dengan berbagai keterbatasannya.

Sekilas tentang Bulu Tangkis

Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.

Mengutip modul "Shuttlecock/Kock Menari Indah di Udara" yang diakses melalu laman sumberbelajar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, olahraga ini berkembang di Mesir Kuno sekitar 2000 tahun lalu. Namun demikian, bulu tangkis juga sudah mulai disebut-sebut di India dan Cina.

Dasar peraturan permainan bulu tangkis pertama kali ditulis oleh klub Badminton Bath pada 1877. Sementara itu, pada 1893 asosisi bulu tangkis Inggris dibentuk, dan pada 1899 kejuaraan internasional pertama digelar.

Olahraga bulu tangkis mulai menginjakan kakinya di Indonesia sekitar tahun 1930. Kemudian, pada 1933, berdiri organisasi bulu tangkis Indonesia yang diberi nama Bataviase Badminton Bond dan Bataviase Badminton League. Keduanya kemudian bergabung menjadi satu organisasi bulu tangkis yang solid.

Teknik Dasar Bulu Tangkis

Mengutip sumber yang sama, ada beberapa teknik dasar bulu tangkis yang perlu dikuasai untuk memudahkan dan menambah keseruan dalam bermain cabang olahraga ini.

1. Teknik Memegang Raket

Teknik dasar yang paling penting untuk dikuasai adalah teknik memegang raket. Ada empat macam teknik memegang raket bulu tangkis yang bisa dipilih dan digunakan sesuai kebutuhan dan kenyamanan masing-masing, yaitu:

  • American Grip

Untuk melakukan pegangan ini pastikan tangan memegang bagian ujung raket atau handle-nya. Kemudian, posisikan ibu jari serta telunjuk menempel di bagian handle raket.

Tipe pegangan ini cukup efektif dalam melakukan pukulan smash. Tak heran, banyak atlet yang mengunggulkan teknik pegangan American grip ketika memukul bola-bola atas. Namun, teknik ini juga memiliki kelemahan. American grip biasanya kurang efektif ketika melakukan pukulan backhand.

  • Forehand Grip

Forehand grip termasuk teknik pegangan yang cukup umum digunakan. Untuk melakukan teknik ini peganglah raket dengan posisi yang miring. Pastikan posisi ibu jari serta telunjuk menempel di bagian pegangan raket yang kurang luas. Dalam praktiknya, disarankan untuk tidak mengubah-ubah cara memegangnya.

Dalam teknik ini, pemain biasanya akan lebih mudah melakukan pukulan kok khususnya pada sebelah kanan tubuh. Akan tetapi, tipe pegangan ini akan mempersulit ketika hendak melakukan pengembalian kok tepat di depan net.

  • Backhand Grip

Untuk memegang raket dengan tipe backhand grip, peganglah raket dalam posisi miring. Sewaktu memegang raket, pastikan posisi ibu jari ada di bagian belakang handle atau pegangan raket, sementara jari-jari tangan bisa diposisikan pada bagian depan.

Keuntungan tipe pegangan ini, ketika pemain memukul kok, arah kok akan sulit diprediksi oleh lawan. Selain itu, kok akan melesat dengan cepat dan keras. Hal ini dapat menyulitkan lawan untuk membalas pukulan secara tepat.

Kelemahan tipe ini ialah menyulitkan pemain saat hendak mengembalikan kok yang keras, terutama apabila arah kok yang dipukul ke sisi kanan tubuh pemain.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...