Cara Membuka Tabungan Emas Syariah dengan Mudah

Siti Nur Aeni
8 Juni 2022, 18:07
tabungan emas syariah
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp.
Ilustrasi, emas batangan produksi PT Aneka Tambang (Antam).

Memiliki tabungan emas merupakan salah satu cara untuk menghindari inflasi atau keniakan harga secara umum dalam waktu tertentu. Kondisi inflasi bisa menyebabkan nilai tukar mata uang menurun. Tabungan emas diketahui lebih stabil nilainya, sehingga terhindar dari ancaman inflasi. Salah satu jenis tabungan emas yang bisa Anda miliki yaitu tabungan emas syariah.

Melansir dari situs sikapiuangmu.ojk.go.id, tabungan emas adalah layanan penitipan saldo yang mempermudah masyarakat dalam berinvestasi emas dengan cara mencicil. Masyarakat bisa menyetorkan uang kepada lembaga tertentu kemudian uang tersebut akan dikonversikan menjadi emas hingga empat digit di belakang koma.

Nantinya, tabungan emas tersebut akan dicatat dalam bukun tabungan dan akan diinformasikan dalam bentuk rupiah dan gram emas. Apabila Anda hendak mencetak emas dalam bentuk fisik atau emas batangan, maka dapat dilakukan dengan memilih kepingan sesuai dengan ketentuan berlaku. Pencetakan emas ini juga dikenakan biaya namun nominalnya masih terbilang terjangkau.

Hukum Jual Beli Emas Secara Non-Tunai Menurut MUI

Tabungan emas pada dasarnya pembelian emas secara berangsuran. Namun, apakah cara jual beli seperti ini diperbolehkan dalam Islam? Menjawab pertanyaan tersebut, Majelis Ulama Indonesia atau MUI mengeluarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 77/DSN-MUI/V/2010 tentang Jual-Beli Emas Secara Tidak Tunai.

Dalam fatwa tersebut, MUI menjatuhkan hukum jual beli emas secara tidak tunai baik lewat jual beli biasa atau jual beli murabahah, hukumnya boleh selama emas tidak menjadi alat tukar resmi (uang). Fatwa MUI tersebut juga menerangkan batasan dan ketentuan, sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...