4 Cara Menendang Bola dalam Permainan Sepak Bola

Image title
9 Juni 2022, 14:12
cara menendang bola dalam permainan sepak bola
ANTARA FOTO/REUTERS/Alberto Lingria/pras/cf
Ilustrasi, Alberto Lingria, pemain sepak bola Juventus Moise Kean mencetak gol kedua saat bertanding melawan Sassuolo dalam Serie A di Mapei Stadium, Citta del Tricolore, Reggio Emilia, Italia, Senin (25/4/2022).

Sepak bola termasuk jenis olahraga yang cukup populer di kalangan masyarakat, baik anak-anak maupun orang dewasa. Bahkan, permainan beregu yang masing-masing regunya terdiri dari sebelas pemain ini kerap dipertandingkan, baik dalam kompetisi lokal hingga internasional.

Apa itu Sepak Bola?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sepak bola adalah permainan beregu di lapangan, mengandalkan bola sepak, berlangsung selama 2 x 45 menit, dan kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepak bola adalah menendang (kicking), menghentikan atau mengontrol (stoping), menggiring (dribbling), menyundul (heading), merampas (tackling), lemparan ke dalam (throw–in) dan menjaga gawang (goal keeping).

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan sepak bola diharuskan melibatkan pergerakan unsur fisik, mental, motorik kasar dan motorik halus, serta dibangun dengan kekuatan tim yang solid. Pergerakan semua unsur tersebut dilakukan untuk menjaga pergerakan bola tetap dinamis dan melewati garis gawang.

Cara Menendang Bola dalam Permainan Sepak Bola

Dari beberapa teknik dasar permainan sepak bola, salah satunya ialah teknik menendang. Kemampuan ini sangat penting untuk dikuasai dan ditingkatkan, sebab menendang adalah inti gerakan yang membuat bola bergerak dan permainan sepak bola dapat terus bergulir.

Menendang juga dibutuhkan untuk melancarkan berbagai teknik lainnya, seperti passing, shooting, dan menggiring bola.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...