Jumlah Pemain Sepak Bola, Posisi, dan Tugasnya di Lapangan

Siti Nur Aeni
6 Juni 2022, 20:39
Jumlah Pemain Sepak Bola, Posisi, dan Tugasnya di Lapangan
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/YU
Potret pemain sepak bola di lapangan

Sepak bola menjadi olahraga yang banyak digemari masyarakat dunia. Sepak bola termasuk permainan beregu dengan jumlah pemain yang terlibat cukup banyak. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas  jumlah pemain sepak bola dan pembagian tugasnya. Untuk informasi lebih lengkap, simak penjelasan berikut ini.

Berapa Jumlah Pemain Sepak Bola di Lapangan?

Saat menyaksikan permainan sepak bola, Anda akan melihat banyaknya pemain yang terlibat di lapangan hijau. Para pemain tersebut memiliki tugas berbeda-beda, namun tetap saling bekerja sama untuk mencetak poin.

Jumlah pemain sepak bola mencapai 22 pemain, dengan jumlah pemain tiap regu 11 orang. Adapun pembagian pemain tersebut sebagai berikut:

  • Kiper atau penjaga gawang.
  • 3 atau 4 bek atau pemain bertahan.
  • 3, 4 atau 5 gelandang atau pemain tengah.
  • 1, 2, atau 3 penyerang atau pemain depan.

Posisi Pemain dan Tugasnya di Lapangan

Kembali mengingatkan, pemain sepak bola terbagi ke dalam beberapa posisi, dengan beragam peran dan tugas yang berbeda-beda. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Kiper atau Penjaga Gawang

Kiper atau penjaga gawang merupakan posisi yang mempunyai hak istimewa dalam permainan sepak bola. Jika pemain sepak bola lainnya tidak boleh menyentuh bola menggunakan tangan, namun untuk pemain di posisi kiper bisa memegang dan menghalau bola menggunakan tangan.

Walaupun demikian, kiper hanya bisa menghalau dan menyentuh bola menggunakan tangan di area penalti. Saat di luar area penalti, kiper tidak boleh menghalau bola menggunakan tangan. Jika aturan tersebut dilanggar, maka kiper akan mendapatkan kartu merah dari wasit.

Sementara itu, untuk tugas dari penjaga gawang ini, sebagai berikut:

  • ‌Menjaga gawang. Seperti namanya, tugas utama dari penjaga gawang yaitu menjaga gawang agar tidak terjadi gol dari tim lawan. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan seperti menepis, menangkap, hingga menyundul bola.
  • ‌Melakukan clearing atau membersihkan. Maksud dari clearing ini yaitu usaha menjaga bola agar menjauhi area yang berbahaya.
  • ‌Memberikan arahan kepada pemain bek untuk memposisikan diri.
  • ‌Menendang atau membuang bola setelah melakukan saving.

2. Pemain Bertahan

Posisi pemain sepak bola lainnya yaitu pemain bertahan. Defender atau pemain bertahan adalah posisi pemain sepak bola yang memiliki banyak istilah, seperti LB, CB, SW, RWB, dan lain sebagainya yang ada di garis pertahanan tim.

Halaman:
Editor: Intan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...