7 Cara Memilih Baju Thrift yang Berkualitas

Siti Nur Aeni
11 Juli 2022, 09:05
7 Cara Memilih Baju Thrift yang Berkualitas
cottonbro/pexels
Ilustrasi seorang wanita sedang berbelanja dalam sebuah thrift shop

Apakah Anda pernah membeli baju thrift? Menurut penjelasan di digilib.uinsby.ac.id, secara thrift berasal dari kata thrive yang artinya berkembang atau maju. Sementara itu, thirfty diartikan sebagai cara menggunakan uang dan barang dengan baik dan efisien.

Dengan demikian, thrifting atau thrift adalah kegiatan jual beli barang bekas dalam rangka melakukan penghematan atau menggunakan uang secara efisien. Dari penjelasan tersebut, maka kita bisa mengetahui bahwa bju thrift adalah baju bekas yang layak pakai sehingga bisa dijual kembali.

Jika melirik pada sejarahnya, budara thrifting ini merupakan bentuk protes atas budaya konsumen fast fashion. Budaya thrift shop ini juga memberikan nilai cinta lingkungan.

Pasalnya saat membeli baju thrift berarti kita sedang berkontribusi untuk mengurangi sampah anorganik terutama yang berasal dari pakaian.

Tips Memilih Baju Thrift

Meskipun bernilai kebaikan, namun Anda harus tetap memperhatikan kualitas baju-baju thrift sebelum membelinya. Lantas, bagaimana cara memilih pakaian thrift yang berkualitas? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Cek Kualitas Jahitan

Hal pertama yang harus Anda lihat saat hendak membeli pakaian thrift yaitu cek kualitas jahitan dari pakaian yang akan dibeli. Pastikan semua jahitan dalam pakaian masih bagus. Dengan jahitan yang bagus, maka pakaian tersebut bisa lebih awet dan dapat dikenakan dalam waktu yang lama.

2. Lihat Warna Baju

Selain memperhatikan jahitan baju, Anda juga harus memastikan warna pakaian masih bagus dan cerah. Selain menunjukan bahwa pakaian tersebut berkualitas, warna baju thrift yang masih cerah juga membuat Anda lebih percaya diri saat mengenakannya.

3. Pastikan Tidak Ada Noda

Dalam memilih baju thrift, pastikan untuk memeriksa noda pada pakaian tersebut. Jika pakaian bekas terdapat noda, sebaiknya jangan membeli baju tersebut. Karena pakaian yang sudah bernoda selain kurang nyaman dipandang, juga terlihat tidak rapi.

4. Cari Ukuran yang Sesuai

Baju thrift biasanya dikirim dari luar negeri. Itu artinya, ukurannya akan relatif lebih besar dibandingkan baju yang dibuat di Indonesia. Maka dari itu, Anda harus cermat untuk membeli baju thrifting yang ukurannya sesuai dengan badan Anda. Dengan demikian, Anda bisa nyaman saat mengenakannya.

5. Cek Keaslian Barang

Salah satu daya tarik dari membeli baju thrift yaitu karena harganya yang relatif terjangkau. Bahkan untuk produk branded pun harganya bisa sangat miring dibandingkan produk baru.

Meskipun demikian, jika ingin membeli produk thrift yang bermerek, pastikan Anda mengecek keaslian produk tersebut. Jangan sampai Anda membeli produk palsu atau KW.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...