3 Cara Membuat Pempek tanpa Ikan dari Bahan Sederhana

Dwi Latifatul Fajri
26 Agustus 2022, 16:52
cara membuat pempek tanpa ikan
pixabay.com
Ilustrasi, hidangan pempek, yang merupakan salah satu hidangan khas Palembang.

Pempek dikenal sebagai makanan tradisional khas Palembang, Sumatera Selatan. Pempek terbuat dari daging ikan giling dan tepung sagu. Pempek biasanya digoreng sampai matang dan renyah ketika dimakan.

Biasanya pempek disajikan bersama kuah cuko berwarna coklat kehitaman. Rasa kuah ini kombinasi dari manis, asam, dan pedas. Selain kuah cuko, pempek juga dihidangkan bersama mie kuning dan potongan dadu timun.

Ada berbagai jenis pempek yaitu pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan, pempek keriting, pempek kulit, dan lainnya.

Umumnya pempek menggunakan adonan ikan, tepung, telur, dan bahan lain sebagai campuran. Kini, pempek bisa dibuat tanpa daging ikan. Contohnya saja pempek dos dan pempek pistel tanpa daging ikan. Berikut cara membuat pempek tanpa ikan.

Cara Membuat Pempek tanpa Ikan

1. Pempek Dos

Bahan

500 ml air
2 sdt garam
1 sdt penyedap rasa
250 gram tepung terigu
2 butir telur
300 gram tepung sagu
Telur

Bahan Saus

400 gram gula merah
100 gram gula pasir
1 liter air
4 sdm cuka

Bumbu yang dihaluskan

100 gram bawang putih
10 gram cabai rawit
20 gram cabai merah keriting
20 gram garam

Cara Memasak Pempek Dos

  • Campur air, garam, dan penyedap rasa terlebih dahulu. Rebus sampai adonan mendidih, lalu tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai diaduk. Angkat dan biarkan mendingin setelah adonan kalis.
  • Masukkan telur satu persatu dalam adonan sambil dikocok menggunakan mixer. Pastikan adonan tercampur rata. Kemudian tambahkan tepung terigu perlahan sambil tetap diaduk.
  • Setelah adonan kalis, timbang sesuai ukuran. Masukkan telur lalu rekatkan. Setelah itu rebus dalam air mendidih, lalu tambahkan minyak sayur sampai adonan mengapung. Jika adonan banyak yang mengapung angkat dan tiriskan.
  • Siapkan minyak panas, masukkan pempek dos. Goreng pempek sampai warnanya kuning kecoklatan. Kemudian angkat dan tiriskan.
  • Setelah adonan matang, kemudian membuat saus. Masukkan gula merah, gula pasir, dan air menjadi satu. Rebus sampai gula larut dan mendidih. Setelah itu siapkan penyaring untuk mengangkat gula.
  • Kemudian tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan dan masak kembali sampai mendidih. Setelah itu angkat dan biarkan dingin. Tuangkan cuka dan campur sampai merata.

2. Pempek Pistel

Pempek pistel adalah jenis pempek tanpa daging ikan. Bentuknya bulat seperti pempek telor kecil. Perbedaannya yaitu bagian ujung pempek pistel bergelombang. Ujung pempek ini dibentuk sedemikian rupa yang menjadi ciri khas pempek pistel. Dalam buku Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Mulok: Kuliner Wong Kito, berikut resep membuat pempek pistel.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...