12 Film Ninja Terbaik Beserta Sinopsisnya

Image title
14 September 2022, 06:07
Ilustrasi, film Ninja: Shadow of a Tear (2013), film ninja terbaik
imdb.com
Ilustrasi, film Ninja: Shadow of a Tear (2013), film ninja terbaik

Kisah ninja menjadi salah satu tema menarik dalam film. Ninja adalah seseorang dengan kemampuan ninjutsu, yaitu seni bela diri yang berasal dari Jepang dan mulai berkembang sejak zaman feodal.

Dalam buku Ninja no okite (2016), Jinichi Kawakami menjelaskan bahwa fungsi seorang ninja termasuk pengintaian, spionase, infiltrasi, penipuan, penyergapan, pengawalan dan keterampilan bertarung.

Para ninja dalam film sering digambarkan sebagai sosok yang heroik saat melawan para musuh. Sebagai rekomendasi, simak pilihan film ninja terbaik berikut ini.

1. Ninja: Shadow of a Tear (2013)

Ninja: Shadow of a Tear merupakan salah satu film ninja terbaik. Film ini berfokus pada master seni bela diri bernama Casey Bowman. Ia memiliki motto “Lawan semua orang dan jangan percaya siapa pun”, setelah rumah tangganya dihancurkan oleh tindakan kekerasan yang biadab.

Bersumpah membalas dendam, Casey diam-diam melacak si pembunuh dari Osaka ke Bangkok hingga Rangoon dengan bantuan sensei yang bijaksana dan licik. Satu-satunya petunjuk Casey adalah serangkaian korban yang lehernya memiliki tanda khas pencekikan oleh kawat berduri.

Dalam perjalanannya, Casey harus mempertajam intuisinya dan mengasah keterampilan bertarungnya. Bahkan, ia menggunakan meditasi mendalam untuk memalsukan kematiannya sendiri.

Target Casey adalah Goro yang menyebarkan shabu mematikan hasil olahan pabriknya. Untuk mempersiapkan konfrontasi pamungkasnya, Casey harus menjadi prajurit kasat mata yang layak menyandang nama Ninja.

Namun, tepat ketika mangsanya terpojok, sebuah kejadian tak terduga menunjukkan Casey bahwa pertempuran baru saja dimulai dan dia benar-benar tidak bisa mempercayai siapa pun.

2. Ninja Scroll (1993)

Dalam film anime ninja ini, Jubei adalah seorang ninja yang sangat terampil dan dipaksa untuk membunuh klan prajuritnya sendiri. Setelah dengan enggan membunuh sesama pendekar pedang, dia menjadi pembunuh bayaran.

Selama perjalanannya, ia harus berhadapan dengan organisasi ninja iblis yang dikenal sebagai Iblis Kimon. Organisasi ini berencana untuk mengambil alih kekuasaan pemerintah Jepang dan tidak akan berhenti hingga memusnahkan seluruh desa.

Sekarang, hanya Jubei dan mata-mata shogun bernama Dakuan yang bisa menghentikan mereka.

3. Revenge of the Ninja (1983)

Setelah keluarganya dibunuh di Jepang oleh ninja, Cho dan putranya, Kane, datang ke Amerika untuk memulai hidup baru. Dia membuka toko boneka, tetapi tanpa disadari mengimpor heroin ke dalam boneka. Ketika dia mengetahui bahwa temannya telah mengkhianatinya, Cho harus bersiap untuk pertempuran pamungkas yang pernah dia ikuti.

4. Goemon (2009)

Goemon merupakan film ninja terbaik yang diadaptasi dari legenda. Film ini berfokus pada karakter Goemon Ishikawa yang meninggalkan klan pejuangnya setelah pemimpinnya dibunuh dan menggunakan keahliannya sebagai pencuri untuk membantu orang miskin.

Setelah Goemon mengetahui identitas pembunuh pemimpinnya, yakni Hideyoshi yang berkhianat, Goemon bergabung dengan teman setianya, Saizo, untuk memulai rencana balas dendam yang berdarah.

5. Pray for Death (1985)

Akira Saito adalah seorang pengusaha yang tinggal di Tokyo bersama istrinya, Aiko, dan anak-anak mereka, Takeshi dan Tomoya. Mereka diberi kesempatan untuk pindah ke Amerika Serikat, sehingga Aiko dapat mengajar anak-anak tentang warisan Amerika mereka.

Keluarga Saito berkemas dan menuju Houston, Texas untuk menjalankan sebuah restoran. Di sinilah masalah mulai muncul. Tanpa diketahui oleh keluarga Saito, sekelompok polisi jahat menyimpan barang curian di ruang belakang restoran. Salah satu harta berupa kalung Van Atta ternyata dicari oleh sindikat lokal.

Ketika salah satu polisi memutuskan untuk mengambil kalung itu untuk dirinya sendiri, para sindikat mengejar pemilik restoran sebelumnya, lalu mengejar Saito. Salah satu anak Akira diculik dan Akira diam-diam menyelamatkannya.

Namun, ketika Aiko dan Tomoya dikejar oleh sindikat dalam upaya untuk mendapatkan kalung itu, Akira menjadi muak. Selama bertahun-tahun, Akira menyimpan rahasia kelam. Kini, ia memutuskan untuk mengungkap sisi gelapnya.

6. Five Elements Ninjas (1982)

Rekomendasi film ninja terbaik selanjutnya adalah Five Elements Ninjas. Dalam film ini, dua klan Cina bersaing dalam 10 ronde pertempuran menggunakan berbagai macam senjata. Ketika salah satu klan mengalami kerugian besar, mereka menggunakan jasa ninja Jepang.

Para ninja menantang petarung terbaik klan pertama untuk menghadapi lima set ninja elemen. Saat ninja Jepang membantai klan, mereka menindaklanjuti dengan menyerang markas mereka dan memusnahkan sisa-sisa klan.

Salah satu anggota klan lolos dan belajar seni ninja. Dia kemudian kembali untuk menantang para ninja yang sekarang tanpa majikan. Satu-satunya anggota klan dan tiga saudaranya harus menghadapi para ninja yang tak terhentikan.

7. The Dagger of Kamui (1985)

Seorang yatim piatu bernama Taro membunuh seseorang yang Tein-Hei katakan padanya sebagai pembunuh keluarga Taro. Taro mengetahui, bertahun-tahun kemudian bahwa Tein-Hei adalah pembunuh sebenarnya dan orang yang dia bunuh adalah ayahnya.

Upaya balas dendam Taro memulai jejak pembunuhan dan pertarungan pedang ninja mulai dari Hokaido, Alaska, hingga California di mana rahasia Tien-Hei secara bertahap terungkap. Jalan balas dendam mengarah ke pertempuran klimaks dengan Tien-Hei pada jatuhnya era Shogun Jepang.

8. Ninja, a Band of Assassins (1962)

Dalam film ninja terbaik ini, Ishikawa Goemon adalah seorang ninja muda berbakat. Ia terjerat dalam skema untuk membunuh Oda Nobunaga, seorang panglima perang jahat yang bertekad memerintah Jepang feodal dengan ketat.

Penipuan, pengkhianatan, dan seluruh geng ninja musuh mengintai di setiap sudut saat Goemon melakukan perjalanan ke pedesaan untuk menyelesaikan tugasnya, memenangkan kembali kehormatannya, dan menyelamatkan Jepang.

9. Ninja (2009)

Film Ninja menceritakan kisah Casey, seorang warga Amerika yang mempelajari ninjutsu di Jepang. Gurunya memiliki baju besi Ninja dengan beberapa senjata legendaris yang akan ia berikan untuk orang yang layak.

Siswa lain bernama Masazuka mengira dia adalah orang itu. Tetapi, sang guru memiliki ketertarikan pada Casey. Suatu hari, Masazuka menyerang Casey dan Casey membela diri dengan melukai Masazuka.

Akibatnya, Masazuka diasingkan. Dia kemudian menjadi seorang pembunuh yang bekerja untuk kelompok penjahat bernama The Ring. Masazuka akan kembali untuk membalas dendam dan mengambil baju besi Ninja.

Sang guru memberitahu Casey dan putrinya, Namiko, untuk membawa baju besi itu ke Amerika. Setelah membunuh gurunya, Masazuka mengikuti mereka ke Amerika dan mencoba untuk mendapatkan baju besi.

Di sisi lain, Casey menjadi korban salah tangkap karena kejahatan yang dilakukan Masazuka. Masazuka akhirnya menculik Namiko dan menuntut menyerahkan baju besi kepadanya. Casey akan memberikannya jika Masazuka menerima tantangannya dan menang.

10. The Octagon (1980)

Kehidupan Scott terganggu oleh dua jenis kilas balik. Pertama adalah kenangan masa kecil dari latihan keras yang dia alami bersama seorang teman di bawah bimbingan seorang master seni bela diri.

Yang kedua adalah misi Scott yang berakhir dengan dia menyaksikan temannya terbunuh. Scott kemudian menjadi semakin dekat dengan lingkaran kejahatan kejam yang dikenal sebagai The Octagon. Saat dia semakin dekat dengan kebenaran, Scott mengetahui bahwa ini mungkin orang-orang yang membunuh temannya sejak lama.

11. Ninja Assassin (2009)

Rekomendasi film ninja yang terakhir yaitu Ninja Assassin. Film ini berfokus pada Raizo. Ia dilatih sejak kecil untuk menjadi pembunuh yang mematikan. Sejak itu, Raizo berbalik dari klan Ozunu yang membesarkannya dan sekarang berusaha membalas dendam atas pembunuhan yang mereka lakukan.

Bekerja sama dengan penyelidik Europol Mika, Raizo terus membantai musuh-musuhnya sambil beringsut semakin dekat dengan reuni berdarah yang telah lama ditunggu-tunggu dengan mantan tuannya.

Editor: Intan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...