10 Film Hiu Terbaik Sepanjang Masa Beserta Sinopsisnya

Image title
13 September 2022, 05:54
Ilustrasi, film Jaws (1975), film hiu terbaik
imdb.com
Ilustrasi, film Jaws (1975), film hiu terbaik

Samudera yang luas menyimpan banyak misteri dan ancaman, termasuk serangan ikan hiu. Sejak kepopuleran film Jaws, ikan hiu menjadi tema yang sering diangkat dalam film. Ikan menakutkan ini termasuk predator unggul di lautan sehingga, deretan film hiu terbaik juga menarik untuk disimak.

Tak heran, banyak orang-orang yang takut terhadap hiu. Istilah untuk mereka yang sangat takut atau memiliki fobia terhadap hiu disebut galeophobia. Meski demikian, ikan hiu sebenarnya tidak memangsa manusia karena bukan bagian dari rantai makanan mereka, menurut laporan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

NOAA juga melaporkan, ikan hiu jarang menyerang manusia dan lebih memilih memangsa ikan atau hewan laut lainnya. Hanya ada 12 dari 300 spesies hiu yang dilaporkan pernah menyerang manusia.

Tetapi, serangan ikan hiu masih menjadi topik populer dalam film. Ada banyak film hiu yang dirilis. Berikut pilihan film hiu terbaik yang dapat disaksikan.

1. Jaws (1975)

Jaws merupakan film hiu terbaik sepanjang masa. Film ini menceritakan saat seminggu sebelum perayaan tahunan 4 Juli. Martin Brody, kepala polisi baru dari kota resor musim panas kecil Amity Island, menemukan tubuh perenang muda yang hilang terdampar di pantai.

Martin yakin pemuda itu terbunuh oleh hiu predator. Khawatir tentang bertambahnya korban jiwa, Brody bersikeras menutup pantai. Namun, Walikota Larry Vaughn yang serakah menghalanginya, sehingga untuk serangkaian serangan hiu terjadi.

Martin dan ahli biologi kelautan, Matt Hooper, serta ahli pembunuh hiu, Quint, berusaha memburu hiu putih besar abu-abu yang mengerikan dan lapar akan daging manusia. Bisakah mereka mengakali ikan hiu tersebut dan mengembalikan ketenangan di pantai?

2. The Shallows (2016)

Rekomendasi film hiu terbaik selanjutnya yaitu The Shallows. Karakter utama film ini adalah Nancy, seorang mantan mahasiswa kedokteran dan peselancar atletik yang dilanda kesedihan karena kematian ibunya.

Nancy pergi  mencari ke tempat selancar rahasia mendiang ibunya di Baja California. Tempat ini terlihat sempurna, di mana Nancy berselancar di atas ombak yang indah. Namun, tiba-tiba Nancy menyaksikan turis yang terluka parah di dalam air.

Nancy menyadari bahwa ini adalah wilayah hiu putih besar abu-abu. Terjebak, Nancy berusaha menyelamatkan diri di atas tonjolan batu kecil berjarak 180 meter dari pantai. Mampukan Nancy kembali ke pantai dengan selamat?

3. Sharkwater (2006)

Berdebat bahwa hiu disalahpahami sebagai makhluk berbahaya, ahli biologi Rob Stewart melakukan perjalanan ke Kepulauan Galapagos, Kosta Rika dan tempat-tempat lain di mana hewan ini dapat ditemukan.

Di bawah air, Rob memberi makan hiu untuk menunjukkan sifat ikan hiu tanpa kekerasan. Selain itu, Rob bergabung dengan ahli konservasi, Paul Watson, untuk memerangi pemburu yang secara ilegal membunuh hewan untuk siripnya dan menjual dagingnya ke Mafia Taiwan.

4. The Reef (2010)

Termasuk salah satu film hiu terbaik, The Reef menceritakan kisah Luke yang menyambut temannya, Matt, dan pacarnya, Suzie, yang datang dari London serta saudara perempuan Matt dan mantan pacar Luke, Kate, yang datang dari Sydney untuk berlayar bersamanya.

Mereka berlayar dengan pelaut Warren menggunakan perahu layar. Namun, kapal menabrak batu bawah air dan terbalik dengan lubang di bagian bawahnya. Luke menyarankan agar mereka berenang ke arah utara untuk mencapai Pulau Penyu, di Queensland, Australia.

Usaha ini sulit karena ada arus yang menggerakkan perahu ke arah yang berlawanan dari daratan. Pelaut Warren lebih memilih untuk tetap di kapan dan menunggu bantuan. Luke dan kawan-kawan bersikeras berenang, hingga pada akhirnya mereka diburu oleh hiu putih besar.

5. Deep Blue Sea (1999)

Rekomendasi film hiu terbaik selanjutnya yaitu Deep Blue Sea. Dalam film ini, sekelompok ilmuwan bekerja di fasilitas kapal selam lepas pantai yang ditinggalkan. Mereka menemukan bahwa ekstrak otak hiu dapat menyembuhkan penyakit Alzheimer.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement