10 Film Hiu Terbaik Sepanjang Masa Beserta Sinopsisnya

Serangan ikan hiu masih menjadi topik populer dalam film. Ada banyak film hiu yang telah dirilis. Berikut pilihan film hiu terbaik.
Image title
13 September 2022, 05:54
Ilustrasi, film Jaws (1975), film hiu terbaik
imdb.com
Ilustrasi, film Jaws (1975), film hiu terbaik

Samudera yang luas menyimpan banyak misteri dan ancaman, termasuk serangan ikan hiu. Sejak kepopuleran film Jaws, ikan hiu menjadi tema yang sering diangkat dalam film. Ikan menakutkan ini termasuk predator unggul di lautan sehingga, deretan film hiu terbaik juga menarik untuk disimak.

Tak heran, banyak orang-orang yang takut terhadap hiu. Istilah untuk mereka yang sangat takut atau memiliki fobia terhadap hiu disebut galeophobia. Meski demikian, ikan hiu sebenarnya tidak memangsa manusia karena bukan bagian dari rantai makanan mereka, menurut laporan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

NOAA juga melaporkan, ikan hiu jarang menyerang manusia dan lebih memilih memangsa ikan atau hewan laut lainnya. Hanya ada 12 dari 300 spesies hiu yang dilaporkan pernah menyerang manusia.

Tetapi, serangan ikan hiu masih menjadi topik populer dalam film. Ada banyak film hiu yang dirilis. Berikut pilihan film hiu terbaik yang dapat disaksikan.

Advertisement

1. Jaws (1975)

Jaws merupakan film hiu terbaik sepanjang masa. Film ini menceritakan saat seminggu sebelum perayaan tahunan 4 Juli. Martin Brody, kepala polisi baru dari kota resor musim panas kecil Amity Island, menemukan tubuh perenang muda yang hilang terdampar di pantai.

Martin yakin pemuda itu terbunuh oleh hiu predator. Khawatir tentang bertambahnya korban jiwa, Brody bersikeras menutup pantai. Namun, Walikota Larry Vaughn yang serakah menghalanginya, sehingga untuk serangkaian serangan hiu terjadi.

Martin dan ahli biologi kelautan, Matt Hooper, serta ahli pembunuh hiu, Quint, berusaha memburu hiu putih besar abu-abu yang mengerikan dan lapar akan daging manusia. Bisakah mereka mengakali ikan hiu tersebut dan mengembalikan ketenangan di pantai?

2. The Shallows (2016)

Rekomendasi film hiu terbaik selanjutnya yaitu The Shallows. Karakter utama film ini adalah Nancy, seorang mantan mahasiswa kedokteran dan peselancar atletik yang dilanda kesedihan karena kematian ibunya.

Nancy pergi  mencari ke tempat selancar rahasia mendiang ibunya di Baja California. Tempat ini terlihat sempurna, di mana Nancy berselancar di atas ombak yang indah. Namun, tiba-tiba Nancy menyaksikan turis yang terluka parah di dalam air.

Nancy menyadari bahwa ini adalah wilayah hiu putih besar abu-abu. Terjebak, Nancy berusaha menyelamatkan diri di atas tonjolan batu kecil berjarak 180 meter dari pantai. Mampukan Nancy kembali ke pantai dengan selamat?

3. Sharkwater (2006)

Berdebat bahwa hiu disalahpahami sebagai makhluk berbahaya, ahli biologi Rob Stewart melakukan perjalanan ke Kepulauan Galapagos, Kosta Rika dan tempat-tempat lain di mana hewan ini dapat ditemukan.

Di bawah air, Rob memberi makan hiu untuk menunjukkan sifat ikan hiu tanpa kekerasan. Selain itu, Rob bergabung dengan ahli konservasi, Paul Watson, untuk memerangi pemburu yang secara ilegal membunuh hewan untuk siripnya dan menjual dagingnya ke Mafia Taiwan.

4. The Reef (2010)

Termasuk salah satu film hiu terbaik, The Reef menceritakan kisah Luke yang menyambut temannya, Matt, dan pacarnya, Suzie, yang datang dari London serta saudara perempuan Matt dan mantan pacar Luke, Kate, yang datang dari Sydney untuk berlayar bersamanya.

Mereka berlayar dengan pelaut Warren menggunakan perahu layar. Namun, kapal menabrak batu bawah air dan terbalik dengan lubang di bagian bawahnya. Luke menyarankan agar mereka berenang ke arah utara untuk mencapai Pulau Penyu, di Queensland, Australia.

Usaha ini sulit karena ada arus yang menggerakkan perahu ke arah yang berlawanan dari daratan. Pelaut Warren lebih memilih untuk tetap di kapan dan menunggu bantuan. Luke dan kawan-kawan bersikeras berenang, hingga pada akhirnya mereka diburu oleh hiu putih besar.

5. Deep Blue Sea (1999)

Rekomendasi film hiu terbaik selanjutnya yaitu Deep Blue Sea. Dalam film ini, sekelompok ilmuwan bekerja di fasilitas kapal selam lepas pantai yang ditinggalkan. Mereka menemukan bahwa ekstrak otak hiu dapat menyembuhkan penyakit Alzheimer.

Di sisi lain, pemimpin proyek, Dr. Susan McAlester dan Jim Whitlock, secara ilegal menggunakan teknik manipulasi gen terlarang untuk meningkatkan ukuran otak hiu dan mencapai hasil yang spektakuler.

Selama badai hebat, para peneliti merayakan keberhasilan mereka. Namun, hiu hasil rekayasa genetik yang cerdas menyerang dalam upayanya untuk melarikan diri. Akibatnya, fasilitas penelitian mengalami kegagalan integritas struktural yang dahsyat dan mulai tenggelam.

Situasi memburuk ketika para penyintas, dipimpin oleh penengkar hiu Carter Blake dan Preacher, mencoba mencapai permukaan dan melawan hiu pembunuh cerdas yang mematikan.

6. Open Water (2003)

Salah satu film hiu terbaik, Open Water menceritakan pasangan bahagia Daniel dan Susan yang berwisata di Karibia. Mereka melakukan scuba diving dan sangat menikmatinya sehingga mereka menjadi turis terakhir yang masih di laut dan perahu telah pergi.

Arus membawa mereka berenang di perairan terbuka. Usaha mereka sia-sia saat mencari bantuan. Mereka malah disengat ubur-ubur dan serangan hiu mulai mengancam. Susan mulai merengek dan menyalahkan Dan, yang merasa terpaksa untuk mengingatkannya bahwa itu miliknya. Keduanya sudah sangat kelelahan. Satu-satunya harapan mereka adalah operasi penyelamatan yang dilakukan.

7. Jaws 2 (1978)

Empat tahun berlalu setelah peristiwa traumatis di Pulau Amity dalam film hiu terbaik, Jaws. Setelah hiu dimusnahkan, Pulau Amity berdamai dan membuka hotel di Holiday Inn. Beberapa hari setelah pembukaan, pengunjung pantai mulai menghilang bersama dengan paus pembunuh yang terdampar. Brody mulai khawatir tentang insiden itu dan merasa bahwa ada hiu putih besar lainnya yang berkeliaran.

8. 47 Meters Down (2017)

Kakak beradik Lisa dan Kate berencana berlibur di Meksiko. Sesampainya disana, mereka bertemu beberapa penduduk setempat yang ramah. Lisa dan Kate setuju untuk ikut perjalanan menyelam melihat hiu putih besar dalam sebuah sangkar raksasa.

Tetapi, semua berubah secara tak terduga. Kegagalan mekanis pada sangkar hiu mengakibatkannya jatuh sedalam empat puluh tujuh meter di dasar laut, di perairan yang dipenuhi hiu.

Sekarang, satu-satunya tempat yang aman adalah di dalam ruang terbatas sangkar ini. Namun, berapa lama waktu yang dibutuhkan sang hiu putih yang mengerikan untuk menghancurkan sangkar itu? Bisakah Lisa dan Kate selamat?

9. The Meg (2018)

Lima tahun lalu, penyelam ahli laut dan Kapten AL bernama Jonas Taylor mengalami kecelakaan di ceruk Palung Mariana yang tidak diketahui penyebabnya. Jonas terpaksa menyelamatkan diri dan meninggalkan setengah awaknya.

Bertahun-tahun setelah serangan itu, instansi bawah laut meneliti area lautan yang belum dijelajahi menggunakan kapal selam. Tak diduga, hiu megalodon yang dilaporkan punah menyerang mereka.

Jonas dipanggil untuk membantu evakuasi kapal selam tersebut. Naas, setelah evakuasi berhasil, hiu purba megalodon kini berenang di laut lepas dan membahayakan semua orang di pantai. Mampukah Jonas dan timnya memburu hiu ini?

10. Dark Tide (2012)

Kate adalah seorang ahli hiu yang bisnisnya gagal sejak serangan hiu membunuh sesama penyelam di bawah komandonya. Akibatnya, Kate dihantui oleh ingatan akan serangan itu dan tidak bisa kembali ke air.

Dengan tagihan menumpuk dan bank akan menyita kapal Kate, mantan pacar Kate, Jeff, memberinya kesempatan untuk memimpin pengusaha jutawan yang mencari sensasi dalam penyelaman hiu yang berbahaya di luar kandang.

Kate menerima misi itu dan membawa sang jutawan ke Shark Alley, tempat berisi hiu-hiu mematikan. 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait