10 Cara Cek Ingredients Skincare Melalui Situs Web dan Aplikasi

Image title
3 Oktober 2022, 05:46
cara cek ingredients skincare
PExels/yaroslav-shuraev
Ilustrasi, seorang wanita menggunakan skincare.

Meningkatkan pengetahuan tentang bahan dalam produk perawatan atau ingredients skincare membantu konsumen untuk lebih selektif dalam memilih produk. Memeriksa ingredients skincare juga membantu untuk mengidentifikasi apakah kulit akan bereaksi negatif terhadap bahan kimia atau zat tertentu dalam produk skincare.

Selain itu, melakukan cek ingredients skincare membantu konsumen untuk mengenali bahan-bahan penyebab iritasi dengan membandingkan produk skincare yang lebih cocok. Pemilihan bahan-bahan dalam produk ini penting agar mendapatkan manfaat yang optimal. 

Dalam produk skincare dikenal istilah active ingredients. Bahan aktif ini digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mengatasi berbagai masalah dan masalah kulit seperti kulit kering atau berminyak, kulit yang rentan terhadap eksim, atau membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Dengan mengetahui bahan aktif dalam produk skincare, konsumen bisa menuntaskan permasalah kulit sekaligus meminimalisir kemungkinan produk yang tidak cocok. Adapun cara cek ingredients skincare dilakukan melalui situs web dan aplikasi berikut.

1. INCIDecoder

Cara cek ingredients skincare yang pertama yaitu menggunakan INCIDecoder. INCI adalah singkatan dari International Nomenclature of Cosmetic Ingredients, yaitu daftar besar nama standar untuk bahan kosmetik.

Melalui situs Incidecoder.com, Anda dapat melihat berbagai kandungan dari produk skincare. Situs web ini menyediakan banyak produk untuk dianalisis kandungannya. Caranya, cukup ketik nama produk atau kandungan dalam kolom yang tersedia.

Setelah itu, INCIDecoder akan menampilkan kandungan beserta penjelasannya. Dengan demikian, konsumen dapat memilih produk sesuai kebutuhan dan kondisi kulit, sekaligus meminimalisir iritasi terhadap bahan tertentu.

2. Skincarisma

Skincarisma adalah situs web untuk cek ingredients skincare. Situs ini menyediakan informasi bahan yang dikuratori berdasarkan penelitian dan jurnal ilmiah kemudian menyajikannya secara mudah agar konsumen dapat melihat kandungan yang sesuai dengan kulit mereka.

Dengan Skincarisma, konsumen bisa memahami mendalam tentang efektivitas dan keamanan kesehatan dari formulasi bahan produk apa pun.

3. Cosmily

Cara cek ingredients skincare menggunakan situs Cosmily dilakukan dengan mengunjungi tautan Cosmily.com/ingredient-checker. Pada situs web tersebut, cukup salin ingredients yang ingin dicek kemudian klik tombol “Check Ingredients”. Setelah itu, akan tampil bahan-bahan dalam produk skincare.

4. CosDNA

CosDNA memiliki database lengkap, terutama produk kecantikan populer. Cara cek ingredients skincare dilakukan dengan mencari satu produk yang Anda inginkan, kemudian CosDNA akan menampilkan daftar bahannya.

CosDNA juga menilai setiap bahan sesuai fungsi, potensi iritasi, dan keamanannya. Nilainya tercantum dari nol hingga lima. Semakin rendah, semakin baik. Artinya, semakin kecil kemungkinan iritasi atau jerawat akan terjadi karena menggunakan produk itu.

Selain itu, CosDNA menampilkan indeks keamanan suatu produk dari angka satu hingga sembilan. Angka yang lebih rendah berarti bahan tersebut dianggap sebagai bahaya rendah.

5. Think Dirty

Aplikasi Think Dirty membantu Anda memahami seberapa bersih bahan-bahan yang terkandung dalam skincare. Ini sangat penting untuk memahami bahan-bahan karena alasan kesehatan dan keamanan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...