10 Cara Mengobati Mata Bintitan yang Aman dan Cepat

Tifani
Oleh Tifani
20 Oktober 2022, 14:04
cara mengobati mata bintitan yang aman dan cepat
Katadata
Ilustrasi, mata.

Bintitan adalah munculnya benjolan yang menyerupai bisul atau jerawat pada kelopak mata. Kemunculan bisul atau jerawat ini terkadang hingga menganggu aktifitas dan kenyamanan mata.

Jika tidak diatasi dengan baik, mata bintitan dapat memicu kalazion atau penyebaran infeksi bakteri pada bagian tubuh lainnya, sehingga harus cepat diobati.

Dilansir dari laman halodoc.com, berikut cara mengobati mata bintitan yang aman dan cepat.

1. Kompres Hangat

Kompres hangat membantu cairan atau nanah pada bintitan cepat keluar secara alami. Hal ini membuat bintitan menjadi lebih cepat pulih.

Caranya cukup mudah, siapkan air hangat dan handuk lembut yang bersih. Lalu celupkan handuk ke dalam air hangat. Peras handuk hingga airnya tidak menetes.

Letakkan handuk hangat pada area mata yang mengalami bintitan selama 5 hingga 10 menit. Ulangi sebanyak 2 hingga 4 kali setiap hari.

Meskipun bintitan seringnya hanya terjadi pada salah satu mata, tetapi jika kedua mata mengalami bintitan secara bersamaan, gunakan handuk hangat yang berbeda untuk mengompres bintitan.

2. Gunakan Kantong Teh Hangat

Teh hitam dipercaya bersifat antibakteri sehingga bisa membantu infeksi bakteri yang menjadi penyebab bintitan. Caranya, siapkan air hangat dan kantong teh hitam. Kemudian, celupkan teh seperti proses pembuatan teh.

Setelah teh direndam satu menit di dalam air hangat, keluarkan kantong teh dan peras kantong teh agar tidak ada air yang menetes.Kemudian, letakkan kantong teh pada bagian mata yang mengalami bintitan selama 5 hingga 10 menit. Kompres sebanyak dua kali dalam satu hari agar peradangan dan pembengkakan dapat membaik.

3. Bersihkan Kelopak Mata

Membersihkan kelopak mata dengan lembut saat mengalami bintitan dapat menjadi salah satu cara mengobati bintitan. Area mata tetap harus dibersihkan untuk mencegah bakteri berkembang.

Dalam upaya membersihkan area mata saat bintitan, siapa saja disarankan untuk menghindari pengggunaan bahan kimia sintetis yang keras. Sebaliknya, pakailah bahan-bahan yang lembut dan tidak menimbulkan iritasi.

Pasalnya kulit di sekitar mata jauh lebih tipis daripada bagian wajah lainnya. Penderita bintitan misalnya, dapat menggunakan sampo bayi bebas pedih di mata dan mencampurnya dengan sedikit air hangat.

Gunakan dengan kapas atau waslap bersih untuk menyeka kelopak mata secara lembut. Penderita bintitan bisa melakukan ini setiap hari sampai gejala bintitan hilang. Membersihkan kelopak mata secara rutin juga dapat membantu mencegah bintit di masa depan.

4. Hindari Memakai Riasan dan Lensa Kontak

Hindari pemakaian riasan jikasedang mengalami bintitan. Pasalnya, riasan atau make up dapat semakin mengiritasi mata dan menunda proses penyembuhan.

Riasan dan lensa kotak juga dapat memindahkan bakteri dari make up dan peralatan, serta menyebarkan infeksi ke mata yang lain. Cuci kuas yang dapat digunakan kembali secara teratur.

Selain itu, buang produk mata apa pun yang berusia lebih dari 3 bulan untuk mencegah bintitan. Jika terbiasa memakai lensa kontak, lebih baik sementara gunakan dulu kacamata sampai bintitan sembuh.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...