4 Cara Mengatasi Kesemutan di Kaki dan Penyebabnya

Image title
21 Oktober 2022, 06:01
Ilustrasi, kesemutan di kaki. Kesemutan disebut parestesia dan dapat terjadi di area tangan dan kaki. Cara mengatasi kesemutan di kaki dilakukan dengan istirahat. Alternatif lainnya menggunakan terapi fisik, obat, atau operasi.
Pexels/Kindel Media
Ilustrasi, kesemutan di kaki

Setiap orang setidaknya pernah mengalami kesemutan semasa hidupnya. Kesemutan ditandai dengan sensasi seperti banyak semut di dalam kulit atau terasa seperti ditusuk-tusuk menggunakan jarum dari dalam. Dalam dunia medis, kesemutan disebut parestesia.

Mengutip University of Rochester Medical Center, kesemutan adalah tanda bahwa saraf teriritasi dan mengirimkan sinyal tambahan. Ibaratnya, kesemutan itu seperti lalu lintas yang macet di sistem saraf tubuh. Umumnya, kesemutan terjadi di area tangan, lengan, kaki, atau telapak kaki.

Cara Mengatasi Kesemutan di Kaki

Melansir Medical News Today, kesemutan dapat diatasi dengan sederhana. Berikut cara mengatasi kesemutan di kaki.

1. Istirahat

Istirahat merupakan cara mengatasi kesemutan di kaki yang direkomendasikan. Penting untuk menghentikan aktivitas yang menyebabkan kompresi saraf penyebab kesemutan sehingga jaringan bisa sembuh.

Selain istirahat, penyangga atau belat diperlukan untuk menghentikan pergerakan area yang mengalami kesemutan. Misalnya, penjepit pergelangan kaki dapat digunakan untuk membatasi gerakan pada kaki yang kesemutan.

Namun, menggunakan penjepit untuk waktu yang lama dapat menyebabkan masalah lain. Oleh karena itu, konsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

2. Terapi fisik

Terapi fisik dapat digunakan untuk membangun kekuatan pada otot-otot di sekitar saraf yang kesemutan. Cara mengatasi kesemutan di kaki ini dapat memperkuat otot dan meringankan jaringan yang tertekan serta mencegahnya terulang kembali. Otot yang bugar juga dapat meningkatkan kelenturan, jangkauan gerak, dan mobilitas.

3. Obat-obatan

Beberapa obat, seperti ibuprofen dan naproxen sodium dapat dikonsumsi sebagai cara mengatasi kesemutan di kaki. Obat-obatan ini membatu area yang terkena untuk menghilangkan rasa sakit, mengurangi pembengkakan, dan peradangan.

Tetapi, obat-obatan tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Konsultasikan pada dokter terlebih dahulu agar mengetahui dosis yang tepat.

4. Operasi

Operasi menjadi cara mengatasi kesemutan di kaki yang terakhir dilakukan jika cara-cara sebelumnya tidak meredakan gejala. Dokter mungkin merekomendasikan operasi untuk mengurangi tekanan pada saraf terjepit.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...