PGN Cepat Tanggap Atasi Kebocoran Pipa Gas di Cakung, Jakarta Timur
Jakarta --- Perusahaan Gas Negara (PGN) menindaklanjuti laporan kebocoran pipa gas di Jalan Raya Bekasi, Cakung, Jakarta Timur pada pukul 09.40, 12 Maret 2020. Tim melaksanakan investigasi dan dikonfirmasi didapati kebocoran pada jaringan infrastruktur gas bumi PGN di wilayah tersebut.
Berdasarkan informasi dan temuan di lapangan, indikasi kebocoran tersebut disebabkan pekerjaan pihak ketiga yang mengenai infrastruktur distribusi gas bumi. Namun demikian, penyebab pasti kebocoran masih dalam penyelidikan pihak berwajib.
Tim Penanggulangan Gangguan dari PT PGN (TPG PGN) sigap mengantisipasi dengan melakukan mengamankan lokasi dan memasang warning sign. Adapun pelanggan yang terdampak kejadian ini yaitu sejumlah pelanggan industri, perumahan, dan pembangkit listrik. “Puji syukur kejadian ini aman dari fatality, namun ke depan apabila ada pelaksanaan pekerjaan pihak ketiga yang bersinggungan dengan infrastruktur gas bumi, stakeholder terkait dapat meningkatkan kewaspadaan dan kerjasamanya dengan kami untuk mengutamakan safety bagi keselamatan seluruh pihak,” kata Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Redy Feryanto disela-sela kunjungannya di lokasi kejadian.
Saat ini kata Redy, kebocoran sudah tertangani dan proses perbaikan tengah dilakukan. “Dalam pengerjaan ini, kami berkomitmen untuk mengutamakan keselamatan kerja dan keamanan jaringan. Sebisa mungkin dipercepat pengerjaannya, tapi tetap tidak melupakan safety,” tambahnya.
Lebih lanjut, Redy menjelaskan bahwa pengaliran gas akan dilakukan secara bertahap. Dalam waktu 48 jam, diupayakan gas dapat mengalir kembali secara keseluruhan. Saat ini untuk pelanggan rumah tangga, gas sudah bisa mengalir kembali.
“Kami juga menyampaikan permohonan maaf atas insiden ini, termasuk kepada pelanggan PGN yang terkena dampak dalam insiden tersebut. Kami akan mengusahakan agar dampak resiko dari kejadian dapat diminimalisir dan aliran gas di sekitar wilayah yang terdampak dapat segera berjalan normal kembali,” imbuh Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama.
PGN juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas sikap tanggap dari masyarakat sekitar lokasi kejadian yang langsung mengabarkan kepada petugas PGN, sehingga insiden ini dapat segera diatasi. Jika ada kejadian emergency dan kejadian yang berpotensi untuk terjadinya insiden di jaringan gas bumi, masyarakat dapat segera menghubungi contact center PGN di 1500645.
Sebagai pionir pemanfaatan gas bumi, PGN akan terus membangun infrastruktur dan memperluas pemanfaatan gas bumi di seluruh wilayah Indonesia. PGN mengharapkan dukungan seluruh stakeholder dan masyarakat agar dengan peran sub holding gas dapat memperluas layanan energi baik gas bumi, energi ramah lingkungan, praktis, dan bebas subsidi bagi ketahanan energi nasional.