Prabowo-Sandiaga Menang di TPS Suriah

Sorta Tobing
17 April 2019, 19:10
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menunjukan surat suara saat pencoblosan pada Pemilu serentak 2019 di TPS 041, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 17 April 2019.
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto seusai memberikan suaranya Pemilu 2019 di TPS 041, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 17 April 2019.

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Damaskus menyampaikan, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, memenangkan perolehan suara Pilpres 2019 di Suriah.

Berdasarkan rilis Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Damaskus yang diterima di Jakarta, Rabu (17/4), Prabowo-Sandiaga unggul dengan 83 suara. Sementara lawannya, pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin hanya 48 suara.

PPLN Damaskus melakukan pemungutan suara pada 13 April 2019 dengan dua metode, yaitu mencoblos langsung di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan kotak suara keliling (KSK).

(Baca: Data Masuk 80-90%, Hasil Hitung Cepat Jokowi Masih Unggul)

Untuk perolehan suara dari metode coblos langsung di TPS 001 Damaskus, Prabowo-Sandi mendapatkan 50 suara sedangkan Jokowi-Ma'ruf mendapatkan 28 suara. Ada lima surat suara tidak sah di TPS tersebut.

Sementara berdasarkan perolehan suara dari KSK di Kota Allepo, pasangan nomor urut 01 memperoleh 17 suara dan pasangan nomor urut 02 memperoleh 30 suara, serta dua surat suara tidak sah.

(Baca: Tertinggal Quick Count, Pendukung Prabowo Siap Turun ke Jalan)

Selanjutnya, untuk perolehan suara dari KSK di Kota Lattakia, masing-masing pasangan capres-cawapres mendapatkan 3 suara. 

Jokowi-Ma’ruf Menang di Lebanon dan Tiongkok

Hal sebaliknya terjadi di TPS 01 Kedutaan Besar RI di Beirut, Lebanon. Jokowi-Ma’ruf meraih 110 suara, sementara Prabowo-Sandiaga mendapat 61 suara.

PPLN Beirut juga telah menyelesaikan penghitungan suara untuk Pemilu Legislatif (Pileg). Partai PDIP mendapat 39 suara, PPP 34 suara, dan PKS 29 suara.

Proses penghitungan itu disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Lebanon Hajriyanto Y Thohari dan disiarkan secara langsung melalui akun resmi KBRI Beirut.

(Baca: Exit Poll LSI Denny JA: Jokowi Unggul 12% atas Prabowo)

Di dua TPS KBRI Beijing, Tiongkok, Jokowi-Ma’ruf menang telak dibandingkan jumlah suara Prabowo-Sandiaga. Pasangan nomor urut 01 mendapat 370 suara, sementara lawannya hanya 50 suara di TPS 01. Di TPS 02, Jokowi-Ma’ruf meraih 418 suara. Rivalnya mendapat 54 suara.  

Pemungutan suara di dua negara itu berlangsung pada 14 April lalu. Simak hasil hitung cepat Katadata.co.id bekerja sama dengan Kedai Kopi dan Charta Politica pada tautan link ini.  

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...