Senayan City Gelar Pagelaran Busana Muslim

Michael Reily
21 Maret 2019, 05:00
Peragaan Busana Muslim
Antara
Ilustrasi peragaan busana muslim.

Pusat perbelanjaan Senayan City kembali mengadakan gelaran Fashion Nation Modern Modest pada 15 hingga 24 Maret 2019. Salah satu sorotan yang akan ditampilkan adalah kenaikan tren busana muslim jelang Ramadan.

Tiga karya yang tampil dalam pameran busana muslim adalah karya Restu Anggraini x Dewi Melki, Saba by Rani Hatta, serta Kami Idea. Ketiganya merupakan produk yang berpengaruh di media sosial.

Restu Anggraini x Dewi Melki memberikan koleksi paduan putih dan balutan warna senada sebagai penutup kepala. "Koleksi kami adalah bagian dari jiwa kami," kata Restu usai pameran busana di Jakarta, Rabu (20/3).

Ia melihat, pembelian busana muslim meningkat menjelang Ramadan dan lebaran. Penjualan bisa naik lima kali lipat karena konsumsi masyarakat ditopang oleh Tunjangan Hari Raya (THR) yang mereka dapat dari pemberi kerja.

(Baca: Pemerintah Lirik Potensi Ekspor Busana Muslim ke Kanada)

Koleksi yang Restu tampilkan menargetkan perempuan bertubuh kecil. Harga penawaran koleksinya Rp 200 ribu sampai Rp 500 ribu dan akan mulai dijual pada Mei nanti.

Menurut dia, strategi dalam persaingan busana muslim jelang Ramadan adalah memberikan produk yang lebih beragam."Kolaborasi kami bisa memberikan tambahan nilai yang berbeda, warna baru bagi masyarakat," ujar Restu.

Saba by Rani Hatta menawarkan koleksi yang lebih sederhana. Ia memadukan koleksi busananya dengan aksesoris kekinian, yaitu tas pinggang berwarna hitam. Kerudung yang dikenakan dalam koleksi Saba pun hanya berbentuk balutan kain panjang.

Kami Idea memakai motif yang lebih beragam. Pola kainnya lebih mencolok pada beberapa bagian.

Tren busana muslim

Pasar modest fashion diperkirakan semakin berkembang pada tahun-tahun mendatang. Laporan State of Global Islamic Economy yang dipublikasikan Thomson Reuters menyatakan, pada 2020 konsumen muslim akan membelanjakan US$ 368 miliar untuk keperluan fesyen.

Modest fashion merupakan istilah yang merujuk pada konsep busana tertutup. Seseorang yang memilih jenis mode ini biasanya karena alasan agama maupun budaya. Tapi, menuruk publikasi tersebut, tren ini akan menjadi bagian dari gaya hidup.

(Baca: Tiga Produk Fesyen Mewah Ini Bisa Jadi Medium Investasi)

Menyambut besarnya potensi pasar modest fashion, merek Nike meluncurkan produk kerudung Nike Pro. L'Oreal Paris juga merekrut blogger kecantikan berkerudung Amena Khan untuk mengkampanyekan produk sampo terbarunya.

Sejumlah merek fesyen ternama juga merambah segmen modest fashion. Dolce & Gabbana, Tommy Hilfiger, Oscar de la Renta. Merek baju siap pakai H&M bahkan memproduksi abaya, kerudung atau hijab, serta gaun dengan unsur keserderhanaan (modesty).

Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...