Pendiri Chic & Darling Ingatkan Pentingnya Investasi Bagi Pebisnis

Dini Hariyanti
29 November 2018, 17:34
Rupiah
Donang Wahyu|KATADATA
Petugas penukaran mata uang merapihkan uang yang hendak ditukar dengan mata uang asing di salah satu tempat penukaran uang di Jakarta

Pebisnis kreatif Kania Annisa Anggiani mengingatkan, para pengusaha pemula agar bijak dalam mengelola keuangan. Tidak harus seluruh pendapatan bisnis diputar lagi menjadi modal, tetapi jangan pula digunakan untuk kebutuhan gaya hidup personal.

Pendiri jenama Chic & Darling tersebut mengaku, pada awal merintis usaha sempat melakukan kekeliruan. "Awalnya, saya sempat pakai pendapatan bisnis sebagai uang rumah tangga atau kebutuhan harian," tuturnya kepada Katadata.co.id, di Jakarta, Kamis (29/11).

Chic & Darling merupakan brand yang dibangun Kania sejak lima tahun lalu. Jenama ini memroduksi aneka barang dekoratif hunian secara handmade. Beberapa produk yang dibuat ibu dua anak dan timnya tersebut, di antaranya selimut bayi, karpet, dan buku catatan.

(Baca juga: Perencana Keuangan Rekomendasikan Investasi Reksadana bagi Milenial

Kania mengakui pentingnya investasi dan proteksi bagi pebisnis muda seperti dirinya. Risiko berupa ketidakpastian prospek usaha membuat seorang entrepreneur perlu waspada alias preventif daripada reaktif.

"Investasi itu saya juga masih mempelajarinya. Baru pada tahun kelima, bisnis saya memiliki perencana keuangan. Yang pasti harus punya disiplin diri, pendapatan bisnis harus jelas mau di-post buat apa saja, salah satunya uang itu perlu diinvestasikan," ujar dia.

Instrumen investasi yang sekarang digunakan Kania adalah reksadana, sedangkan untuk proteksi diri diakses melalui layanan asuransi jiwa. Menurutnya, investasi reksadana tepat karena dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan keuangan setiap orang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...