Data Belum Lengkap, Lelang Reguler Blok Migas Molor

Anggita Rezki Amelia
24 Oktober 2016, 12:17
Rig
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengubah jadwal lelang reguler Blok migas tahun ini. Sebelumnya lelang reguler blok migas dijadwalkan berlangsung pada Juni lalu, tapi sampai saat ini belum bisa terlaksana.

Kementerian telah menjadwalkan proses akses dokumen lelang reguler blok migas tahap pertama 2016 akan dilakukan pada 15 Juni- 19 Oktober 2016. Setelah itu, proses forum klarifikasi pada 20 Juni- 19 Oktober 2016. Kemudian, pemasukan dokumen partisipasi pada 20 Oktober 2016. 

Ternyata Kementerian ESDM belum siap, sehingga harus melakukan penjadwalan ulang. Kemungkinan lelang ini baru bisa terlaksana pada bulan depan. "Rencananya minggu pertama bulan November," kata Direktur Pembinaan Hulu Kementerian ESDM Tunggal kepada Katadata, pekan lalu.

(Baca: Mulai Juni, Pemerintah Lelang 14 Blok Migas)

Tunggal mengungkapkan pelaksanaan lelang reguler blok migas tahun ini masih terhambat beberapa hal. Salah satunya karena masih ada pendataan yang belum lengkap. Kelengkapan data ini sangat penting untuk penyusunan syarat dan ketentuan lelang.

Dalam penyusunan syarat dan ketentuan ini, Kementerian ESDM akan menggandeng ahli-ahli independen. Para ahli juga akan memberikan rekomendasi untuk memperkuat data pada masing-masing blok migas yang akan dilelang. Ini merupakan salah upaya kementerian untuk memastikan komitmen yang akan ditawarkan oleh kontraktor dalam lelang ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...