Harga Minyak Naik Terdorong Pelonggaran Lockdown Beberapa Negara

Image title
29 April 2020, 09:07
harga minyak, BBM
KATADATA
Ilustrasi, kilang minyak. Harga minyak pada Rabu (29/4) naik seiring dibukanya karantina wilayah di sejumlah negara. Hal itu memacu optimisme meningkatnya permintaan bahan bakar minyak.

Harga minyak dunia terkerek naik pada perdagangan Rabu (29/4). Pelaku pasar optimistis permintaan bahan bakar minyak atau BBM akan kembali meningkat seiring dibukanya karantina wilayah (lockdown) di sejumlah negara.

Berdasarkan data Bloomberg pada pukul 07.41 WIB, harga minyak Brent untuk kontrak Juni 2020 naik 2,20% menjadi US$ 20,91 per barel. Sedangkan, West Texas Intermediate (WTI) untuk periode yang sama naik 8,91% ke level US$ 13,44 per barel.

Sejauh ini, ada 16 negara bagian di Amerika Serikat yang bakal memulai aktivitas bisnisnya. Hal itu diharapkan dapat mengurangi persediaan minyak.

Persediaan minyak mentah AS diproyeksi meingkat 10 juta barel pada pekan lalu menjadi 510 juta barel. Pada pekan sebelumnya, persediaan minyak mentah naik 15 juta barel menjadi 518,6 juta barel, hampir mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah sebesar 535 juta barel pada 2017.

Menurut data dari Kpler, penyimpanan minyak di darat diprediksi telah terisi sekitar 85% pada pekan lalu. Pelaku pasar pun memilih menyewa kapal AS yang mahal untuk menyimpan atau mengirimkan minyak ke luar negeri.

(Baca: Harga Minyak Jatuh, Penerimaan Migas Diramal Tak Capai Target APBN)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...