Bandara Ahmad Yani Semarang Tutup karena Banjir, 21 Penerbangan Batal

Ameidyo Daud Nasution
6 Februari 2021, 19:04
banjir, semarang, bandara
Katadata
Banjir yang melanda Bandara Ahmad Yani, Semarang, membuat PT Angkasa Pura I menutup bandara tersebut hingga Minggu (7/2) [agi. Foto: AP I

Banjir yang melanda Kota Semarang membuat aktivitas transportasi Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah tersebut lumpuh. Bahkan, PT Angkasa Pura I (Persero) sampai menutup Bandara Internasional Ahmad Yani hingga Minggu (7/2) karena landasan pacu terendam genangan air.

Keputusan penutupan operasional Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang berdasarkan notice to airmen (NOTAM) terbaru nomor Nomor B0182/21 NOTAMR B0181/21. Isinya, runway Bandara Semarang ditutup selama satu hari penuh hingga Minggu 7 Februari 2021 pukul 06.00 WIB.

“Saat ini tim tengah berupaya mengeringkan runway denga 54 pompa seiring pemantauan ketinggian air,” kata Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/2).

Dampaknya, ada 21 penerbangan dibatalkan yang terdiri dari 10 keberangkatan dan 11 kedatangan. Tak hanya itu, terdapat satu penerbangan pagi yang pendaratannya dialihkan ke Bandara Juanda, Surabaya yakni Garuda Indonesia GA 232 dari Bandara Soekarno-Hatta.

Handy mengimbau calon penumpang yang terdampak menghubungi maskapai untuk refund dan reschedule penerbangan. AP I juga akan mengantarkan penumpang yang tertahan untuk keluar dari bandara ke depan Museum Ronggowarsito dengan truk Lanumad.

“Kami berkoordinasi dengan operator penerbangan terkait penanganan calon penumpang terdampak dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” katanya.

Halaman:
Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...