Satgas Covid-19 Catat Kasus Aktif Turun dalam Dua Pekan Terakhir

Image title
16 Februari 2021, 13:31
doni monardo, satgas covid-19, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3m, protokol kesehatan
ANTARA FOTO/REUTERS/Willy Kurniawan/WSJ/cf
Foto oleh Willy Kurniawan. Seorang pasien menderita penyakit virus korona (COVID-19) bernapas dengan masker non-rebreather dalam sebuah ruang isolasi di sebuah rumah sakit di Bogor, Indonesia, Selasa (26/1/2021). Satgas Penanganan Covid-19 menyebut jumlah kasus aktif turun dalam dua pekan terakhir.

Satgas Penanganan Covid-19 mencatat jumlah kasus aktif dalam dua pekan terakhir terus turun. Angkanya dari 176 ribu pada awal Februari menjadi 156  ribu pada Senin (15/2).

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, menjelaskan bahwa kasus aktif merupakan jumlah orang yang tengah sakit atau terinfeksi Covid-19. Jumlah kasus aktif melonjak pertama kali hingga 65 ribu orang pada September 2020.

Jumlahnya bisa ditekan hingga 54 ribu orang karena kebijakan pembatasan sosial skala besar (PSBB). Kemudian, kasus aktif kembali naik hinga 176 ribu pada awal Februari 2021.

Namun angkanya bisa ditekan hingga 159 ribu dalam dua pekan. Menurut Doni, itu merupakan hasil kerja keras semua pihak, baik di pemerintah pusat maupun daerah di bawah komando Presiden Joko Widodo.

"Ini prestasi yang menggembirakan," ujar Doni dalam Pekan Peduli Limbah Masker Masyarakat 2021 yang disiarkan di Youtube Permias Nasional pada Selasa (16/2).

Meski begitu, angka kasus aktif masih cukup tinggi. Jumlahnya masih tiga kali lipat kasus aktif pada Desember 2020. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...