Jadi Kepala BRIN, Handoko Ditarget Tingkatkan Investasi Sektor Iptek

Rizky Alika
28 April 2021, 18:59
inovasi, BRIN, investasi, laksana tri handoko, riset
Katadata
Kepala LIPI Laksana Tri Handoko. Handoko dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Badan Riset dan INovasi Nasional, Rabu (28/4). (Foto: LIPI).

Presiden Joko Widodo resmi melantik Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Dengan jabatan tersebut, Handoko menargetkan akan menciptakan ekosistem riset dan inovasi yang lebih baik.

Dia juga akan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta Kementerian Investasi. BRIN pun juga ditugaskan untuk meningkatkan investasi pada sektor iptek, khususnya yang berbasis biodiversitas dan sumber daya alam.

Advertisement

"Itu memiliki potensi yang belum tereksploitasi," kata Handoko usai dilantik di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (28/4).

Dalam jangka panjang, riset dan inovasi diharapkan bisa berdampak positif pada perekonomian. Dengan demikian, riset dan inovasi bisa memberikan dampak kepada masyarakat dan memicu tumbuhnya investasi baru.

"Sehingga keberadaan BRIN akan dimanfaatkan manfaatnya dalam jangka panjang," ujarnya. 

Untuk itu, BRIN bertanggung jawab untuk mengonsolidasikan berbagai penelitan dan pengembangan yang dilakukan pemerintah. Harapannya, BRIN bisa menjadi fasilitator bagi perguruan tinggi dan industri untuk mengembangkan riset dan inovasi.

"Kami ditargetkan untuk bisa melakukan konsoldiasi dalam waktu secepatnya sehingga kita bisa segera memasuki program baru untuk menciptakan ekosistem riset dan inovasi yang lebih baik," ujar Handoko.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement