Dibayangi Covid-19 & Taper Tantrum, IHSG Diramal Lanjutkan Pelemahan

Image title
18 Juni 2021, 07:39
ihsg, covid, bursa, saham, amerika
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Karyawan memantau pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (17/5/2021). IHSG hari ini berpotensi lanjutkan pelemahan.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,17% menjadi di level 6.068 pada perdagangan Kamis (17/6). Pada akhir pekan, Jumat (18/6), IHSG diperkirakan melanjutkan pelemahannya.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan memprediksi IHSG hari ini melemah dengan area support di level 6.040 dan 6.013. Sementara area resistance berada di level 6.109 dan 6.088.

Advertisement

Menurut Dennies, pergerakan indeks akan masih akan dipengaruhi kenaikan kasus Covid-19 dari dalam negeri. Pasalnya, kasus corona di Jakarta masih terus melonjak usai liburan Lebaran.

"Selain itu, pergerakan diperkirakan terbatas ditopang oleh pernyataan Bank Indonesia yang meyakini tapering off dari Amerika Serikat baru akan terjadi pada awal 2022," kata Dennies.

Tapering off merupakan pengetatan kebijakan oleh Bank Sentral AS, The Federal Reserve. Hal tersebut dapat mendorong aliran modal asing keluar dari Indonesia.

Sinyal pengetatan kebijakan The Fed, lebih cepat dari prediksi sebelumnya. Hal itu membuat dalam beberapa pekan terakhir mendorong aliran modal asing keluar dari pasar-pasar negara berkembang Asia.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement