Pandemi Dan Dedikasi Sampoerna Untuk Indonesia

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
2 September 2021, 08:59
Pandemi Dan Dedikasi Sampoerna Untuk Indonesia
HM Sampoerna

Satu setengah tahun lebih pandemi Covid-19 melanda berbagai negara termasuk Indonesia. Laju transmisi sempat meningkat tajam akibat munculnya varian baru yang kian memperumit penanganan. Sempat genting tetapi kini situasi di Tanah Air mengalami tren perbaikan.

Dalam sepekan terakhir, tingkat positivity rate terus menurun dan keterisian rumah sakit untuk kasus Covid-19 juga membaik, rerata BOR nasional berada pada kisaran 27 persen. Pemerintah juga menyesuaikan level PPKM. Meskipun demikian, pandemi belumlah usai. Kedisplinan penerapan protokol kesehatan tetap harus jadi prioritas.

Sejumlah strategi penanganan ditempuh pemerintah demi menahan laju penularan virus corona. Tidak berperan sendiri, dunia usaha turut aktif mendukung melalui beragam program, seperti yang dilakukan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) melalui program keberlanjutan Sampoerna untuk Indonesia.

Sampoerna untuk Indonesia mencerminkan komitmen teguh kami untuk melaksanakan peran kami dalam membangun Indonesia. Ini selaras dengan Falsafah Tiga Tangan Sampoerna yang tercermin pada komitmen keberlanjutan kami terhadap karyawan dan mitra usaha, serta masyarakat luas,” tutur Presiden Direktur Sampoerna Mindaugas Trumpaitis. 

Mindaugas menjelaskan lebih jauh, prinsip keberlanjutan artinya perusahaan konsisten menciptakan nilai jangka panjang melalui kegiatan operasional dan rantai nilai perusahaan. Hal ini diterjemahkan dalam lima fokus program, yaitu pengembangan UMKM, peningkatan kesejahteraan petani, pemulihan ekonomi nasional & kontribusi Covid-19, mengurangi jejak lingkungan, serta dukungan terhadap revolusi industri 4.0.

Dukungan Sampoerna terhadap penanganan pandemi bertalian erat dengan fokus ketiga Sampoerna untuk Indonesia yakni mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), termasuk di antaranya memutus mata rantai penularan Covid-19 melalui penerapan protokol kesehatan dan sanitasi yang ketat di seluruh fasilitas perusahaan.

Lebih dari itu, Sampoerna beradaptasi dengan menyesuaikan prosedur kerja untuk memprioritaskan keselamatan para karyawan. Pasalnya, sebagai industri manufaktur maka tak terhindarkan adanya karyawan yang tetap perlu beraktivitas di pabrik. Penerapan protokol kesehatan secara ketat ini juga dilengkapi dengan penyesuaian pola kerja pada sejumlah fasilitas untuk meminimalisir kontak antar karyawan dengan sistem pengaturan unit kecil. Selain membatasi jumlah orang dalam suatu area, pengelompokkan ke dalam unit-unit kecil juga mempermudah upaya penelusuran jika diperlukan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...