583 Ribu AstraZeneca Tiba, RI Sudah Kantongi 208 Juta Vaksin Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
1 September 2021, 15:10
vaksin, astrazeneca, covid
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas medis menunjukan vaksin astrazeneca kepada warga RT 03/RW 03, Kelurahan Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur bersiap untuk melakukan suntik vaksin,Kamis (3/6/2021). Vaksinasi massal dilakukan usai ratusan orang dari kawasan tersebut terkonfirmasi positif Covid-19. Vaksinasi diberikan kepada warga yang sebelumnya telah dinyatakan negatif Covid-19 hasil swab PCR.

Pemerintah terus menerima kedatangan vaksin guna memacu vaksinasi Covid-19. Terbaru, sebanyak 583.400 dosis vaksin merek AstraZeneca tiba pada Rabu (1/9) dalam bentuk jadi.

Kedatangan ini merupakan bagian dari pengiriman ke-46 vaksin Covid-19 ke Indonesia. Dengan kedatangan ini, jumlah vaksin yang telah dikantongi RI baik dalam bentuk bahan baku ataupun barang jadi melebihi 208,5 juta dosis.

Juru Bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan stok vaksin Indonesia masih dalam kondisi aman. Selama Aguustus, pemerintah telah menerima 43 juta dosis vaksin jadi.

"September diperkirakan jumlah vaksin yang akan kami terima 60 juta dosis," kata Nadia dalam pernyataan tertulis yang dikutip dari Antara, Rabu (1/9).

 Nadia mengatakan dari 34 provinsi, hanya satu yang pasokan vaksinnya di bawah 10 hari. Namun ia tak menyebutkan di mana wilayah dengan kondisi tersebut.

"Kondisi tersebut sudah diketahui dan akan dilakukan pengiriman vaksin," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...