Materi Ruang Lingkup Biologi Lengkap Beserta Contoh Soalnya

Siti Nur Aeni
21 September 2021, 11:56
Ilustrasi ruang lingkup biologi
pixabay.com
Ilustrasi ruang lingkup biologi

Segala yang ada di muka bumi ini tidak bisa lepas dari ilmu pengetahuan. Ketika kita bernapas, berinteraksi dengan makhluk lain, dan melakukan aktivitas semua ternyata ada ilmu pengetahuan yang mendasarinya.

Sebagai contoh, saat kita sakit lalu minum obat. Tanpa disadari sebenarnya kita sedang terlibat dalam ilmu pengetahuan. Obat yang kita minum merupakan hasil perpaduan dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan bagian dari ruang lingkup biologi.

Advertisement

Biologi merupakan ilmu pengetahuan yang dekat dengan kehidupan. Namun sebenarnya apa itu biologi dan apa saja ruang lingkup didalamnya? Simak penjelasan berikut.

Apa Itu Biologi?

Biologi berasal dari bahasa Yunani dari kata Bios yang artinya hidup dan Logos berarti ilmu. Menurut Siti Pramitha Retno Wardhani, S.Si dalam bukunya yang berjudul “Intisari Biologi Dasar”, biologi merupakan ilmu kehidupan.

Sedangkan pengertian biologi dalam buku “Biologi untuk SMA/MA Kelas X” yaitu ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dan proses kehidupan.

Ilmu tersebut memiliki karakteristiknya sendiri yang menjadi pembeda dengan ilmu lain. Masih mengutip dari buku yang sama, ciri-ciri biologi sebagai berikut:

  • Objek kajian berpa benda konkret. Objek tersebut terbagi menjadi objek material dan objek formal.
  • Dikembangkan berdasarkan pengalaman nyata yang bisa dilakukan setiap orang.
  • Menggunakan langkah-langkah yang urut dan baku.
  • Memerlukan pemikiran logis dan konsisten.
  • Kajian yang dihasilkan bersifat objektif.
  • Hasil teori berlaku umum.

Tingkat Organisasai Kehidupan

Selain pengertian mengenai biologi, materi ruang lingkup biologi lainnya yaitu tentang tingkatan organisasi dalam kehidupan yang saling berhubungan. Mengutip dari buku Biologi untuk SMA/MA Kelas X”, tingkatan organisasi tersebut dibagi menjadi sepuluh kelompok. Berikut penjelasannya.

1. Tingkat organisasi molekul

Tingkatan molekul ini berhubungan dengan proton, neutron, dan elektron yang merupakan penyusun materi sederhana. Jika ketiganya bergabung maka bisa membentuk atom.

Nantinya atom tersebut yang akan berikatan sehingga terbentuklah molekul. Molekul yang saling berikatan akan membentuk ikatan kompleks penyusun organel sel. Saat organel itu berinteraksi maka akan membentuk sel.

2. Tingkatan organisasi sel

Sel adalah satuan unit paling kecil dari kehidupan. Sel memiliki materi khusus untuk metabolisme dan tumbuh berkembang.

3. Tingkatan organisasi jaringan

Jaringan merupakan kumpulan sel dengan bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan memiliki fungsi spesifik. Misalnya, jaringan epitel yang berfungsi untuk melindungi jaringan dibawahnya.

4. Tingkatan organisasi organ dan sistem organ

Ruang lingkup biologi selanjutnya yaitu terkait organ dan sistem organ. Definisi organ yaitu sekumpulan jaringan yang bekerja sama dalam menjalankan fungsi tertentu.

Misalnya organ otak yang terbentuk dari jaringan saraf dan jaringan ikat yang bekerja sama menjalankan fungsi kordinasi. Sedangkan organ-organ yang bekerja sama melakukan fungsi dan tugas tertentu dikenal dengan sistem organ.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement