Pentingnya Mengenal Manfaat Hutan Bagi Kehidupan

Image title
30 Juli 2021, 21:31
Pentingnya Mengenal Manfaat Hutan Bagi Kehidupan, manfaat hutan, pemanasan global, global warming, mencegah pemanasan global, manfaat pohon
Antara Foto|Syifa Yulinnas
Seorang Jagawana mengamati keberadaan Orangutan Sumatra (Pongo Abelii) di Kawasan Ekosistem Leuser

Hutan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan di bumi. Hutan menutupi hampir sepertiga dari seluruh daratan di bumi serta menyediakan manfaat esensial bagi seluruh spesies. Udara yang kita hirup, air yang kita minum, semua berasal dari hutan.

Saat ini, bumi sedang mengalami perubahan iklim (climate change) yang dapat mengancam kehidupan di bumi. World Bank memprediksi pada tahun 2030, efek perubahan iklim dapat membawa kemiskinan bagi 100 juta orang di dunia.

Perubahan iklim terjadi akibat penggunaan bahan bakar fosil dalam kehidupan sehari-hari seperti menggunakan bensin, batu bara, dan masih banyak lagi. Hasil dari penggunaan bahan bakar fosil adalah karbon dioksida yang terlepas di udara sehingga meningkatkan suhu bumi.

Akibatnya, bumi mengalami cuaca ekstrem yang sulit diprediksi. Musim kemarau menjadi lebih lama, suhu udara semakin panas, gunung es mencair sehingga air laut naik, dan masih banyak efek perubahan iklim yang berbahaya bagi kehidupan.

Oleh karena itu, hutan memiliki peran krusial dalam mencegah perubahan iklim. Beragam pohon yang ada dalam hutan mampu menyerap karbon dioksida dan melepas oksigen. Hutan juga berperan sebagai daerah resapan air sehingga mampu mencegah banjir.

Namun, menurut World Wild Life (WWF), pada tahun 2020, daerah tropis telah kehilangan lebih dari 12 juta hektar lahan hutan. Jumlah tersebut kira-kira setara dengan 30 lapangan sepak bola.

Penebangan liar, praktik pengelolaan hutan yang buruk, dan perubahan lahan hutan untuk perkebunan berkontribusi pada kerusakan hutan. Padahal, ada berbagai manfaat hutan yang berguna untuk keberlangsungan hidup manusia.

Apa saja manfaat hutan? Pahami pembahasan di bawah ini.

1. Menyediakan udara bersih

Hutan dapat menyerap karbon dioksida yang ada di udara dan melepas oksigen sehingga dapat memberikan udara bersih. Satu pohon dewasa mampu menyediakan kebutuhan oksigen bagi 2-10 orang dalam sehari.

2. Mendinginkan bumi

Pemanasan global terjadi karena emisi karbon dioksida yang terus meningkat membuat bumi menjadi panas. Suhu panas mengakibatkan es kutub yang meleleh sehingga air laut naik dan berpotensi menenggelamkan kota-kota pesisir.

Selain itu, suhu panas juga dapat meningkatkan suhu air laut yang berakibat pada matinya terumbu karang. Padahal, terumbu karang berperan penting untuk ekosistem laut.

Dengan lebih banyak hutan, maka lebih banyak pula karbon dioksida yang diserap sehingga pemanasan global dapat dicegah dan mendinginkan bumi.

3. Mencegah tanah longsor

Pepohonan yang ada dalam hutan mampu mencegah tanah longsor karena akar mereka mencengkeram tanah dengan kuat. Hutan juga mampu menjadi daerah resapan air yang baik karena mampu menyerap kelebihan air sehingga mencegah tanah longsor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...