23 Tanaman Langka, Indah, dan Mahal

Tanaman langka tentu berjumlah terbatas. Berikut ini beberapa tanaman langka yang ada di dunia dan Indonesia.
Image title
30 Agustus 2021, 13:15
23 Tanaman Langka, Indah, dan Mahal
ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi
Bunga Rafflesia Tuan Mudae yang mekar di Jorong Marambuang, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Selasa (31/12/2019).

Semenjak pandemi, bercocok tanam di rumah menjadi kebiasaan baru untuk sebagian orang. Bahkan tak sedikit yang berminat untuk memelihara tanaman langka. Tentu saja harganya tidak murah. Tanaman hias yang dipajang di depan rumah kadang harganya selangit.

Selain mahal, bentuk tanaman langka sangat indah. Untuk merawatnya butuh keahlian. Sebab, jika sembarang mengurusnya bisa menyebabkan tanaman ini mati.

Tanaman langka umumnya masuk kategori flora yang dilindungi. Sehingga, untuk menanamnya di halaman rumah akan sangat sulit terutama dalam mengurus izinnya. Kita bisa melihat tanaman-tanaman langka di beberapa cagar alam. Berikut ini beberapa tanaman langka di dunia dan Indonesia.

Tanaman Langka di Dunia

Di dunia ini ternyata ada banyak tanaman yang masuk dalam kategori langka. Beberapa tanaman ini bahkan digunakan untuk obat herbal. Namun karena jumlahnya yang sedikit, maka disebutlah tanaman ini sebagai tanaman langka. Melansir dari liputan6.com, beberapa tanaman langka di dunia seperti berikut ini:

1. Pohon Candelabra

Pohon bernama Candelabra ini sudah dimanfaatkan oleh suku asli dari Brazil sejak ribuan tahun lalu. Biji dari pohon ini biasanya dikonsumsi sebagai makanan oleh masyarakat sekitar. Bijinya mirip dengan kacang pinus sehingga rasanya lezat.

Sementara itu, kulit batang dan daun pohon ini biasnaya digunakan untuk obat herbal, dan batangnya digunakan untuk bahan bangunan. Sayangnya saat ini populasi pohon Candelabra ini semakin berkurang. Hal tersebut disebabkan oleh industri yang menghilangkan sekitar 97 persen habitat asli pohon ini.

2. Oahu Stenogyne

Tanaman ini sebenarnya sudah dikatakan punah pada tahun 2000. Namun ternyata pada tahun 2004, ditemukan kembali tanaman jenis Oahu Stenogyne. Tanaman ini memiliki ciri fisik diameter sekitar 4 m. Dan saat ini tanaman tersebut dilindungi karena langka.

3. Anggrek Hantu

Kita mungkin sudah mengenal bunga anggrek sejak dahulu. Adanya banyak jenis anggrek yang hidup di bumi. Salah satunya yaitu anggrek hantu. Kata “hantu” disematkan pada bunga ini bukan karena ia berhantu, namun karena warnanya putih pucat, kurus, dan seperi khayalan. Maka dari itu kolektor bunga menyebutnya sebagai anggrek hantu.

Bunga ini bisa tumbuh subur pada lingkungan lembab denga suhu yang terjaga. Selain itu, nutrisi untuk pertumbuhan tanaman ini juga harus tercukupi agar ia bisa tumbuh dengan baik. Jika memiliki keahlian, bukan tidak mungkin tanaman langka ini bisa dibudidayakan secara masif.

4. Pohon Darah Naga

Pohon ini ada di Yaman dan untuk sampai ke lokasi tempat pohon ini tumbuh, anda harus menggunakan perahu khusus untuk sampai ke Socotra. Di sini pohon darah naga itu tumbuh. Pohon tersebut memiliki bentuk seperti pangkal jamur. Disebut “darah naga” karena ketika batang pohon ini digores, maka akan mengeluarkan getah berwarna merah menyerupai darah.

5. Bunga Bangkai

Tanaman langka ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tumbuhan ini ada di hutan lembab di Asia Tenggara, Indonesia salah satunya. Bunga ini mengeluarkan aroma yang tidak sedap seperti bangkai. Aroma ini sebenarnya merupakan bentuk pertahanan dari musuh alaminya. Bunga bangkai butuh waktu sekitar 7 tahun lamanya untuk bisa mekar.

6. Pohon bergetar

Jika dilihat dari jarak jauh, tanaman ini memiliki bentuk seperti lidah buaya. Masyarakat biasanya menggunakan kayu dari tanaman ini sebagai aak panah. Anda bisa menjumpai pohon bergetar ini di cagar alam Kota Keetmanshopp, Namibia. Spesies dari tanaman ini terancam punah karena tersisa hanya sekitar 200 tanaman saja.

7. Bunga Kadapul

Bunga Kadapul memiliki aroma yang wangi dan bentuk yang sangat indah. Karena aroma yang wangi, maka tanaman ini sering dijadikan sebagai bahan pembuatan parfume. Bunga ini biasanya mekar pada malam hari dan akan hiang saat matahari terbit.

8. Bunga Anggrek Bawah Tanah Barat

Spesies bunga anggrek selanjutnya yang juga masuk dalam kategori tanaman langka yaitu anggrek bawah tanah. Tanaman ini memiliki warna putih bersih dan bisa hidup di dalam tanah. Uniknya bunga anggrek ini tidak memiliki klorofil. Ia mendapatkan makanan dari nutrisi yang ada di dalam tanah. Anda bisa menjumpai anggrek bawah tanah barat mekar pada bulan Mei sampai Juni.

9. Bunga Anggrek Sandal Rothschild

Tanaman langka selanjutnya ternyata ada di Indonesia tepatnya di Kalimantan. Tanaman ini ada di atas gunung ketinggian 1600 hingga 4000 kaki. Bunga ini membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mekar, yakni sekitar 15 tahun. Maka dari itu, tanaman ini termasuk yang dilindungi. Jika tidak sengaja menemukan bunga ini, sebaiknya biarkan saja tanaman ini tumbuh di habitatnya. Sebab, jika diambil atau dipindahkan bisa menyebabkan tanaman mati dan berkurang spesiesnya.

Tanaman Langka di Indonesia

Indonesia memang terkenal dengan keragaman flora dan fauna yang dimilikinya. Selain beragam, di Indonesia ternyata banyak juga tanaman yang tergolong langka. Mengutip dari buku Tumbuhan Langka Indonesia: 50 Jenis Tumbuhan Terancam Punah yang di terbitkan oleh LIPI Press, ada beberapa jenis tanaman langka yang ada di Indonesia. Berikut daftarnya:

1. Palem Kipas

Tanaman ini biasanya digunakan sebagai tanaman hias di perkarangan rumah atau taman kota. Tanaman ini memiliki penampilan yang indah, namun sayangnya hingga saat ini belum ada teknik budidaya yang tepat untuk tanaman langka ini. Aktivitas manusia seperti pembalakan liar di daerah Kalimantan menjadi salah satu pemicu kelangkaan dari palem kipas.

2. Pakis Hanoman

Tumbuhan paku ini ternyata masuk dalam kelompok tanaman langka. Salah satu faktor yang menyebabkan tanaman ini mengalami kelangkaan yaitu adanya perubahan fungsi habitat yang membuat anakan dari tanaman bernama latin Cibotium baromentz ini menjadi mati. Jika anakan tidak ada yang hidup, maka populasinya akan semakin menurun dari waktu ke waktu.

3. Kantong Semar

Ada banyak spesies dari kantong semar yang terancam punah. Tanaman ini banyak yang memburu namun produktifitasnya rendah. Sehingga populasinya di alam sangat sedikit. Meskipun sudah banyak orang yang bisa membudidayakan tanaman ini, namun jumlahnya pun masih sedikit dan di pasaran harganya juga cukup mahal.

4. Beberapa Spesies Bunga Anggrek

Beberapa jenis bunga anggrek di Indonesia ternyata masuk dalam kelompok tanaman langka. Spesies tersebut antara lain Goodyera pusilla, Goodyera reticulata, Goodyera viridiflora, Phalaenopsis cornu-cervi, Phalaenopsis fimbriata, dan Vrydagzynea albida. Tanaman-tanaman tersebut mengalami kelangkaan karena populasinya sedikit dan perkembangbiakannya juga lama. Selain itu, kondisi alam yang semakin rusak membuat tanaman ini sulit untuk berkembang.

5. Rafflesia arnoldi

Sementara itu pada gramedia.com, juga menjelaskan bahwa tanaman dengan nama Rafflesia arnoldi juga masuk dalam kategori tanaman langka di Indonesia. Bunga ini jarang sekali mengalami penyerbukan sehingga populasinya menjadi sedikit. Selain langka bunga ini juga dilindungi negara melalui Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999.

Tanaman Hias Langka dan Mahal

Tanaman dikatakan sebagai tanaman langka ketika jumlahnya di alam sangat sedikit dan belum banyak orang yang melakukan budidaya tanaman tersebut. Sebagian besar tanaman-tanaman langka memiliki bentuk yang indah, sehingga banyak orang tergiur untuk menjadikannya sebagai tanaman hias. Jika dijual di pasaran tanaman langka harganya menjadi sangat mahal. Berikut ini beberapa jenis tanaman langka dan mahal yang semuanya masuk dalam kelompok tanaman hias.

1. Monstera Deliciosa

Tanaman ini termasuk dalam tanaman hias langka dan mahal. Di pasaran tanaman ini dihargai Rp 2 hingga Rp 14 juta. Angka yang sangat fantastis untuk sebuah tanaman. Ciri tanaman ini yaitu daunnya yang rusak aatau belubang dengan warna bercorak membuat tanaman hias ini nampak cantik dan mempesona.

2. Bunga Kadapul

Bunga ini memiliki warna putih yang indah dan hanya mekar di tengah malam. Asalnya dari Sri Lanka. Selain itu, bunga ini juga hanya mekar satu tahun sekali. Tentu saja hal tersebut membuat bunga ini menjadi langka dan sangat berharga.

3. Saffron Crocus

Kita pasti sering mendengar beragam manfaat saffron, namun siapa sangka dibalik manfaatnya yang sangat beragam, tanaman ini memiliki harga yang fantastis. Dibalik harganya yang mahal ada penampakan bunga berwarna ungi muda yang sangat indah. Terlebih lagi putik dari bunga ini juga kaya manfaat dan harganya mahal, sehingga budidaya tanaman ini bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.

4. Anggrek Rotchschild

Bunga anggrek yang satu ini menjadi tanaman langka dan mahal berikutnya. Harganya bisa mencapai puluhan juta. Tanaman ini memang sangat langka dan tidak bisa dijual bebas. Di alam jumlahnya sangat sedikit, maka tak heran jika harganya selangit.

5. Anggrek Shenzhen Nongke

Masih dari keluarga bunga anggrek, Shenzhen Nongke menjadi bunga anggrek selanjutnya yang harganya sangat mahal. Tanaman ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh anggrek jenis lain. Anggrek ini bahkan dibandrol dengan harga hingga miliaran rupiah.

6. Mawar Juliet

Bunga mawar memang selalu menjadi primadona. Namun mawar yang satu ini bukan hanya indah, harganya pun sangat mahal. Bunga mawar julier ini memiliki warna kelopak yang tidak biasa. Warnanya putih dengan transisi warna lain membuatnya sangat menarik. Harganya mencapai miliaran rupiah.

Itulah beberapa nama tanaman langka yang ada di dunia dan Indonesia. Sudah sepatutunya tanaman-tanaman tersebut dilestarikan sebagaimana mestinya agar populasinya tetap terjaga. Jika pun harus dijual belikan, maka sebaiknya dilakukan perbanyakan dalam jumlah yang cukup sehingga tidak merusak atau menggangu tanaman asli yang hidup di habitat asalnya yakni alam bebas.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait