BUMN Berkomitmen Wujudkan 25 Persen Kepemimpinan Perempuan pada 2023

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
11 Oktober 2021, 23:57
mandiri #12
Katadata

Jakarta – Hari Anak Perempuan Internasional yang jatuh pada hari ini setiap tahunnya menjadi pengingat pentingnya kesempatan dan kepemimpinan yang setara bagi anak perempuan, dan perempuan.

Pada momen penting ini, Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Srikandi BUMN dan Forum Human Capital Indonesia mengangkat komitmen bersama untuk kepemimpinan perempuan serta suara perempuan muda finalis #GirlsTakeover 2021.

Enam perempuan muda berusia 20-24 tahun ini telah berhasil terpilih dalam #GirlsTakeover 2021 dan menyisihkan lebih dari 7.000 pendaftar dari seluruh Indonesia. Mereka mendapatkan penugasan dari Menteri BUMN Erick Thohir untuk mengambil alih (takeover) peran Menteri BUMN dan lima CEO BUMN selama sehari, yaitu: Angkasa Pura I, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Kimia Farma, dan Telkomsel pada 30 September – 1 Oktober lalu.

Berikut pesan keenam calon pemimpin perempuan masa depan:

Adinda Zenniar, perempuan berusia 20 tahun asal Jawa Tengah mengambil alih peran Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi selama sehari. Dia mengatakan, sejalan dengan misi Bank Mandiri untuk digitalisasi, “saya melihat peran penting perusahaan untuk meningkatkan kepemimpinan perempuan di bidang information and communications technology (ICT) dengan memberikan pelatihan dan kesempatan kerja kaum muda perempuan yang berkiprah di bidang ini.”

Indira Arum Puspitarani  mengambi alih peran Direktur Utama Kimia Farma, Verdi Budidarmo. Perempuan 23 tahun asal Sulawesi Selatan itu mengatakan, ingin mendorong kesempatan perempuan untuk mencapai tingkap top management di perusahaan.

“Selain itu, fokus program I (CSR) dapat berfokus terhadap pencegahaan stunting dengan menyediakan vitamin bagi ibu hamil,” ujarnya.

Putri Gayatri mengambil alih peran  Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, selama sehari. Menurut perempuan 20 tahun asal Jawa Barat ini, Telkomsel memiliki kemampuan mengidentifikasi dan membina talent-talent muda yang berpotensi untuk memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ekosistem digital di Indonesia.

Telkomsel juga berkomitmen untuk membina lebih banyak talenta perempuan muda untuk dapat mengembangkan keahliannya dalam bidang teknologi digital, “sehingga diharapkan komposisi perempuan yang bekerja di Telkomsel akan terus meningkat di masa mendatang.”

Adapun Sharon Florencia mengambil alih peran Menteri BUMN, Erick Thohir selama sehari. Dia mengaku mendapat pengalaman tak terlupakan karena dapat belajar kepemimpinan langsung dari Menteri BUMN.

“Selama menjadi Menteri BUMN, saya melihat kebutuhan untuk mendorong munculnya calon perempuan pemimpin dengan menghadirkan program mentorship bagi perempuan, dan program beasiswa bagi perempuan di Indonesia Timur yang selama ini masih kesulitan mendapatkan pemerataan akses dalam pendidikan,” kata perempuan berusia 24 tahun asal Jawa Barat ini.

Sementara Sisilia Tunga asal Nusa Tenggara Timur mengambil alih peran Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia, Sunarso, selama sehari. Menurut dia, BRI memiliki peranan sentral dalam memberdayakan perempuan yang bergerak di bidang UMKM. Contohnya di NTT, banyak perempuan menjalani usaha tenun dan rumput laut.

“Penting bagi mereka untuk mendapatkan edukasi literasi finansial untuk memajukan usaha mereka dan menggunakan ilmunya dalam manajemen keuangan pribadi,” kata perempuan berusia 22 tahun tersebut.

Virdha Yudha mengambil alih peran Direktur Utama Angkasa Pura I selama sehari. Perempuan berusia 23 asal Jawa Tengah itu melihat fasilitas bandara perlu mengakomodasi kebutuhan para difabel, termasuk ada lanyard khusus dengan warna terang dan motif menarik untuk penumpang berkebutuhan khusus, dan opsi penyediaan makanan khusus anak-anak berkebutuhan khusus.

“Selain itu, penting sekali untuk menyediakan vending machine pembalut untuk memenuhi kebutuhan khusus perempuan,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...