Mengenal Irigasi dari Pengertian Sampai Jenis-jenisnya

Siti Nur Aeni
13 Oktober 2021, 09:56
Yaswirja (70), merawat ladang miliknya yang dialiri air dari pompa irigasi tenaga surya, di Desa Jompo Kulon, Sokaraja, Banyumas, Jateng, Senin (19/4/2021). Pemkab Banyumas, Jateng, membangun pompa irigasi tenaga surya pada lahan persawahan tadah hujan, u
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/hp.
Yaswirja (70), merawat ladang miliknya yang dialiri air dari pompa irigasi tenaga surya, di Desa Jompo Kulon, Sokaraja, Banyumas, Jateng, Senin (19/4/2021). Pemkab Banyumas, Jateng, membangun pompa irigasi tenaga surya pada lahan persawahan tadah hujan, untuk mengantisipasi musim kemarau dan dinilai lebih hemat serta ramah lingkungan jika dibandingkan menggunakan bahan bakar minyak.

Irigasi atau pengairan menjadi hal penting dalam pertanian. Tanpa adanya pengairan yang baik maka tanaman tidak bisa tumbuh dengan maksimal. Hal tersebut juga akan sangat berpengaruh terhadap hasil panen nantinya.

Mengetahui pentingnya pengairan membuat pembangunan irigasi menjadi priotitas. Menurut data di databoks, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan perbaikan irigasi sebanyak 90 persen pada tahun 2019.

Advertisement

Perbaikan sistem pengairan lahan pertanian juga sudah dilakukan di tahun 2016 dan 2017. Pada tahun 2016 Kementerian PUPR berhasil memperbaiki 286 ribu hektare irigasi dan tahun 2017 seluas 325 ribu hektare.

Pengertian Irigasi

Pemahaman tentang irigasi tidak hanya diperlukan bagi petani atau pemerintah saja. Pengetahuan tentang sistem pengairan ini juga perlu diketahui banyak orang. Hal tersebut bertujuan agar semua orang turut menjaga sistem pengairan ini. Misalnya dengan tidak membuang sampah sembarang di sistem irigasi.

Sebelum mengulas lebih jauh tentang sistem pengairan pertanian, alangkah lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu definisi dari sistem pengairan tersebut.

Menurut penjelasan di buku “Hidrologi untuk Pengairan”, irigasi adalah penyaluran air secara sistematis untuk keperluan pertumbuhan tanaman ke tanah yang diolah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement