20 Manfaat Sedekah Sesuai Ketentuan Hadis dan Al Qur'an

Image title
21 Oktober 2021, 00:20
Ilutrasi yang berbagi manfaat sedekah selama masa pandemi Covid-19
ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/foc.
Warga mengambil sendiri kantong sedekah berisi bahan pangan yang dibagikan oleh Yayasan Peduli Sesama Ummat di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (14/62020). Yayasan tersebut menyiapkan kantong sedekah setiap hari untuk dibagikan secara gratis kepada warga yang terdampak COVID-19 di daerah itu.

Sejak kecil Anda diajarkan berbagi kepada sesama, terutama kepada mereka yang membutuhkan. Konsep berbagi tersebut dalam agama Islam dikenal dengan sedekah. Konsep sedekah tersebut juga diajarkan selama ribuan tahun lalu oleh Nabi Muhammad SAW.

Dikutip dari situs Lembaga Amil Zakat dan Sedekah Muhammadiyah atau Lazismu, terdapat 20 manfaat sedekah berdasarkan tuntunan dari Al Qur'an dan Hadis.

1. Sedekah menghapus kesalahan dan menangkal kepedihan sakarotul maut

Salah satu harapan umat muslim adalah mendapat kematian yang khusnul khatimah. Salah satu cara untuk mendapatkannya dengan bersedekah. Nabi Muhammad SAW menuntun hambanya untuk memperbanyak dan merutinkan amalan sedekah.

Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah meredakan kemarahan Allah dan menangkal (mengurangi) kepedihan sakaratul maut.” (dalam buku Fiqh Sunnah karangan Sayyid Sabiq)

2. Bersedekah membuka pintu rezeki

Salah satu cara membuka rezeki adalah dengan berbagi. Semakin banyak Anda berbagi, maka semakin banyak yang menyayangi. Rasulullah SAW bersabda ” Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi).

Dalam salah satu hadits Qudsi, Allah berfirman: ”Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu“.(HR Muslim).

3. Sedekah menjadikan rezeki berlipat ganda

Dengan banyak bersedekah, Allah SWT akan melipat gandakan harta Anda dari arah mana saja, yang tidak pernah disangka-sangka.

Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir, seratus biji Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”. (QS Al-Baqarah 2:261)

4. Bersedekah menjauhkan dari panasnya api neraka

Salah satu cara menghindarkan diri dari pedihnya azab neraka adalah dengan bersedekah. Maka semakin banyak bersedekah, semakin jauh pula tubuh dijauhkan dari jilatan api neraka pada hari kiamat kelak.

Rasulullah SAW bersabda: “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma”. (Mutafaq’alaih)

5.Sedekah menjadi pelindung di hari kiamat 

Saat hari kiamat, umat manusia hanya bisa melindungi dirinya sendiri, tanpa peduli pada situasi yang ada di sekitarnya. Oleh karenanya, amal ibadah selama hidup di dunia lah yang menjadi tameng alias pelindung. Salah satunya adalah dengan bersedekah.

Rasulullah SAW bersabda: “Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya ” (HR Ahmad).

6. Bersedekah menghindarkan diri dari segala macam penyakit jasmani dan rohani

Salah satu obat baik bagi rohani maupun jasmani adalah dengan bersedekah. Hal itu sebagaimana sabda Nabi:

"Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana”. (HR Ath-Thabrani).

7. Bersedekah terhindar dari berbagai macam penyakit hati

Sebagaimana sabda Nabi SAW kepada orang yang mengeluhkan kekerasaan hatinya kepada beliau: ”Jika kamu hendak melembutkan hatimu, maka berilah makan orang miskin dan usaplah kepala anak yatim”. (HR Ahmad).

"Rasulullah SAW juga pernah bersabda, bahwa sedekah dari seorang Muslim meningkatkan (hartanya) di masa kehidupannya meringankan kepedihan saat mautnya, dan Allah hilangkan perasaan sombong dan egois dari dirinya". (Fiqhus- Sunnah vol. 3, hal 97).

8. Allah SWT mencegah berbagai bencana dan musibah

Manfaat sedekah lainnya, dapat menolak berbagai bentuk musibah bagi siapapun, sekalipun mereka dari golongan orang zhalim, bahkan kafir sekalipun.

Rasulullah SAW bersabda’. “Sedekah dapat menyelamatkan manusia dari kematian yang buruk”. (Al Wasail 6: 267, hadis ke 4).

9. Capai kebaikan hati dengan banyak sedekah

Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (QS. 3:92).

10. Sedekah menjadi penyebab manusia didoakan malaikat

Nabi SAW bersabda: “Tidak ada hari yang disambut oleh para hamba melainkan di sana ada dua malaikat yang turun salah satunya berkata ‘ya Allah, berikanlah ganti kepada orang-orang yang berinfaq’ sedangkan (malaikat) yang lainnya berkata ’ya Allah, berikanlah kehancuran kepada orang-orang yang menahan (hartanya)”. (HR Bukhari-Muslim).

11. Orang yang gemar bersedekah akan mendapatkan keberkahan jiwa dan hartanya.
Allah melapangkan dan menyempitkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya (QS Saba 34: 39). Bahkan, jika disedekahkan, maka tidak berkurang karena Allah akan menggantinya.

12. Harta yang sebenarnya adalah harta yang disedekahkan
Sebagaimana dalam firman Allah SWT: “…Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. (QS.3 :92)

13. Pahala orang bersedekah akan dilipat gandakan oleh Allah SWT
Sebagaimana firman Allah : "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka: dan bagi mereka pahala yang banyak" (QS 57:18)

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...