Jokowi Minta Negara APEC Buka Mobilitas Demi Pulihkan Ekonomi

Ameidyo Daud Nasution
13 November 2021, 11:45
jokowi, apec, covid-19
Katadata
Presiden Joko Widodo saat mengikuti KTT Apec secara virtual di Lombok, NTB, Jumat (12/11). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo mengajak seluruh negara anggota Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) untuk fokus tiga hal saat ini. Salah satunya adalah membuka mobilitas yang aman untuk mempercepat pemulihan ekonomi.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat berpidato dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC ke-28 yang digelar secara virtual, Jumat (12/11). Presiden mengajak semua negara bekerja sama untuk membuka mobilitas, salah satunya dengan mempercepat vaksinasi.

Selain itu Jokowi ingin negara APEC sepakat mengatur jalur khusus bagi pelaku perjalanan bagi mereka yang telah vaksinasi. “Kita harus memperkuat kerja sama untuk bangkit bersama, kuat, dan berkelanjutan,” kata Presiden dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Sabtu (13/11).

Hal kedua, mendorong APEC mewujudkan ekosistem global yang lebih kuat. Jokowi mengatakan bahwa pandemi Covid-19 mengajarkan semua negara agar tak bertumpu pada satu atau dua negara saja.

Beberapa komoditas yang disinggung antara lain vaksin, obat, hingga alat kesehatan. Tak hanya itu, biaya pengangkutan kontainer naik sampai tiga kali lipat sebelum pandemi juga memukul eksportir dan importir.

“Kita harus koreksi dengan membangun rantai pasok dunia yang lebih merata,” kata Presiden.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...