RI Tunggu Rekomendasi WHO untuk Tutup Pintu Cegah Varian Baru Covid-19

Rizky Alika
26 November 2021, 17:46
covid-19, B.1.1.529, virus corona, who
Pixabay
Ilustrasi varian Covid-19

Varian baru Covid-19 yang bernama B.1.1.529 telah menyebar dari Afrika Selatan hingga Hong Kong. Seiring penyebaran mutasi baru tersebut, sejumlah negara seperti Inggris, Italia, Singapura, Jepang, hingga India telah memperketat pintu masuknya.

Meski demikian, Indonesia belum memberikan sinyal serupa.  Hal ini lantaran Kementerian Kesehatan masih menunggu rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Kita lihat dulu kategori varian ini sesuai rekomendasi WHO, apakah Variant of Interest atau Variant of Concern," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi kepada Katadata.co.id, Jumat (26/11).

Sementara itu, pemerintah tetap memperkuat pintu masuk sesuai dengan aturan yang ada saat ini. Namun, Kemenkes tetap memantau perkembangan bahaya varian baru tersebut.

Saat ini, pemerintah telah membuka pintu masuk ke Bali dan Kepulauan Riau bagi wisatawan mancanegara dari 19 negara. Pintu internasional itu belum dibuka untuk Afrika Selatan.

Sementara, ilmuwan Afrika Selatan mengatakan varian yang disebut B.1.1.529 itu memiliki mutasi yang tak normal. Menurut mereka, varian tersebut menjadi perhatian karena dapat menghindari respons imun tubuh serta lebih menular.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...