Mengulas Hewan yang Tidak Mengalami Metamorfosis beserta Contohnya

Siti Nur Aeni
15 Desember 2021, 14:30
Kucing merupakan hewan yang tidak mengalami metamorfosis
Pexels.com/Freestocks.org
Kucing merupakan hewan yang tidak mengalami metamorfosis

Kita sudah cukup mengenal hewan yang mengalami metamorfosis seperti kupu-kupu. Namun ternyata selain hewan yang mengalami metamorfosis, ada juga kelompok hewan yang tidak mengalami metamorfosis.

Sebelum mengenal hewan yang tidak bermetamorfosis, tak ada salahnya jika kita mengetahui terlebih dahulu definisi metamorfosis. Menurut penjelasan Jurnal Realtech 16(1), metamorfosis adalah perputaran waktu untuk makhluk hidup yang terdiri dari berbagai tahap atau proses.

Metamorfosis menjadi bagian dari siklus hidup. Dalam buku “Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Paket A setara SD/MI Tingkatan II”, siklus hidup terbagi menjadi dua jenis. Yakni siklus hidup tanpa metamorfosis dan siklus hidup dengan metamorfosis.

Dalam proses metamorfosis juga akhirnya terbagi lagi menjadi dua macam yakni metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.

Namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan mengulas tentang kelompok hewan yang tidak mengalami metamorfosis dan kelompok hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Penasaran hewan apa saja yang masuk dalam kelompok tersebut? Berikut penjelasannya.

Ciri Hewan yang Tidak Mengalami Metamorfosis

Siklus hidup hewan yang mengalami metamorofis sempurna atau tidak sempurna ditandai dengan perubahan bentuk tubuh. Misalnya pada metamorfosis sempurna yang terjadi di kupu-kupu, maka akan terjadi empat fase hidup hewan tersebut. Mulai dari telur – larva – pupa – nimfa – imago.

Hal serupa juga dialami oleh hewan dengan metamorfosis tidak sempurna. Kelompok ini akan mengalami tiga fase. Yaitu telur – nimfa – imago.

Sementara itu, ciri hewan yang tidak mengalami metamorfosis adalah tidak mengalami perubahan bentuk. Jadi saat anak hewan tersebut mentas atau lahir, ia tidak mengalami perubahan bentuk sampai akhirnya menjadi individu dewasa. Perubahan yang terjadi umumnya hanya dari segi ukuran saja.

Contoh Hewan yang Tidak Mengalami Metamorfosis

Untuk lebih memahami tentang ciri hewan yang tidak mengalami metamorfosis, berikut beberapa contoh hewan yang masuk kelompok tersebut lengkap.

1. Ayam

Hewan ovipar atau yang berkembang biak dengan cara bertelur ini ternyata tidak mengalami metamorfosis selama masa hidupnya. Mengutip dari buku “Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Paket A setara SD/MI Tingkatan II”, siklus hidup ayam diawali dari telur.

Induk ayam akan mengerami telurnya selama kurang lebih 21 hari. Di dalam telur ada calon anak ayam yang terus tumbuh dan berkembang. Setelah petumbuhannya maksimal, maka telur akan menetas.

Anak ayam yang sudah menetas, seiring berjalannya waktu akan tumbuh dan berubah menjadi ayam dewasa. Penampilan anak ayam yang sudah dewasa akan menyerupai induknya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...