Pengertian Hewan Karnivora Lengkap dengan Ciri-ciri dan Contohnya

Siti Nur Aeni
15 Desember 2021, 10:30
contoh hewan karnivora
ANTARA FOTO/REUTERS/Alexandre Meneghini/WSJ/dj
Harimau salah satu contoh hewan karnivora

Jika dilihat dari jenis makanannya, kingdom animalia terbagi menjadi tiga kelompok yaitu hewan karnivora, herbivora, dan omnivora. Ketiganya memiliki perana masing-masing dalam rantai makanan ekosistem tersebut.

Kelompok hewan herbivora biasanya menempati posisi sebagai konsumen primer. Binatang karnivora sebagai konsumen sekunder. Sedangkan hewan omnivora sebagai konsumen puncak.

Pada tulisan kali ini, kita akan mengulas tentang hewan karnivora mulai dari pengertian sampai contoh-contohnya. Mengutip dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

Pengertian Hewan Karnivora

Menurut penjelasan di Kamus Besar Bahasa Indonesia, karnivor atau karnivora diartikan sebagai hewan pemakan daging. Sementara itu dalam buku “Klasifikasi Hewan Berdasarkan Jenis Makanan”, kata karnivora berasal dari Bahasa Latin dari kata “caro” yang artinya daging dan “vorare” yang artinya makanan. Dengan demikian karnivora berarti hewan yang memakan daging.

Hal serupa juga dijelaskan dalam laman sumber.belajar.kemdikbud.go.id, yang menerangkan bahwa hewan karnivora adalah hewan pemakan daging. Hewan ini biasa disebut juga sebagai predator sebab bisa memangsa hewan lain.

Ciri Ciri Hewan Karnivora

Hewan pemakan daging ini memiliki beberapa ciri yang mudah dikenali. Mengutip dari sumber.belajar.kemdikbud.go.id,, berikut ciri ciri hewan karnivora yang perlu diketahui.

  1. Memiliki kuku atau cakar yang tajam.
  2. Memiliki gigi taring untuk merobek makanannya.
  3. Memiliki kecepatan lari yang tinggi agar dapat mengejar dan memburu mangsanya.
  4. Jika berasal dari kelompok burung, maka hewan tersebut memiliki paruh yang tajam.
  5. Memiliki racun yang bisa melemahkan mangsanya.

Contoh Hewan Karnivora

Hewan karnivora umumnya hidup di darat, walaupun ada juga yang hidup di air dan udara. Agar lebih mengenal tentang hewan pemakan daging, berikut beberapa contoh hewan karnivora yang ada di ekosistem.

1. Kucing

Hewan pemakan daging yang pertama yaitu kucing. Hewan dengan nama ilmiah Felis catus ini merupakan mamalia yang biasanya menjadi hewan peliharaan. Kucing memiliki bulu yang lembut dan halus.

Hewan kaki empat ini memiliki gerakan yang lincah. Ada beberapa jenis kucing yang biasanya dipelihara manusia, misalnya kucing anggora, munchkin, kucing siam, sphynx, dan beberapa jenis lainnya.

2. Harimau

Jenis hewan karnivora berikutnya yaitu harimau. Hewan berkaki empat ini merupakan kelompok hewan buas yang keberadaannya terancam punah. Salah satu jenis harimau yang terancam punah yaitu harimau sumatera.

Di Sumatera, hewan ini bisa ditemukan di taman nasional atau daerah pegunungan. Harimau cukup mudah dikenali. Tubuhnya memiliki pola hitam yang lebar dengan jarak berdekatan. Warna kulitnya cukup beragam, mulai dari kuning, jingga tua, sampai kemerahan.

3. Komodo

Hewan endemik Indonesia yang satu ini juga termasuk dalam kelompok karnivora. Sama seperti harimau, eksistensi komodo juga terancam punah. Menurut data dari Badan Pusat Statistika, jumlah komodo di tahun 2017 tersisa sekitar 5.954 ekor saja.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...